Jumlah Komputer dan Peserta UNBK di Kabupaten Magelang Tak Sebanding

BNews–Windusari— Pelaksanaan Ujian Nasional berbasis computer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Kabupaten Magelang diklaim berjalan lancar. Meskipun, perangkat computer yang digunakan masih jauh dari jumlah ideal.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Muh Rofi, mengatakan bahwa pelaksanaan USBN dan UNBK di Kabupaten Magelang sendiri berlangsung mulai tanggal 22-25 April 2019.

Advertisements


Pemerintah Kabupaten Magelang menyiapkan 1.340 unit komputer dan 67 server di tahun 2019 ini. Jumlah itu melengkapi 1.180 komputer dan 59 server.


Menurut Rofi mengakui dengan sejumlah bantuan tersebut, masih belum mencukupi dan belum ideal untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan UNBK dan USBN tahun 2019.

“Secara idealnya masih belum. Namun tahun depan kami akan mengupayakan agar setiap sekolah bisa mandiri dan ideal dalam melaksanakan ujian di sekolahnya masing-masing agar lebih percaya diri,” ujarnya.

Untuk diketahui bahwa, jumlah peserta UNBK di Kabupaten Magelang sendiri tahun 2019, mencapai 17.128 siswa SMP dan MTs, yang terdiri dari 8.482 siswa laki-laki dan 8.646 siswa perempuan. Sedangkan jumlah peserta USBN sendiri mencapai 19.316 siswa.

Sementara itu, Wakil Bupati Magelang, Edy Cahyana, beserta rombongan forkopimda Kabupaten Magelang melakukan kegiatan pemantauan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Windusari, Selasa (23/4/2019).

“Hari ini kita turun langsung memantau kegiatan pelaksanaan ujian untuk memastikan pelaksanaan ujian tersebut bisa berjalan dengan lancar,” ujar Edy di sela-sela kegiatan pemantauan.

Adapun beberapa sekolah yang dipantau secara langsung antara lain, Madrasah Ibtidiyah Darunnajah di Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari, SD Negeri Banjarsari, SMP Negeri 2 Windusari, dan MTsN 3 Windusari. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: