Ibu Ibu di Salaman Gantungkan Sembako, Silahkan Ambil Bagi yang Membutuhkan

BNews–SALAMAN– Program Jogo Tonggo yang diserukan Gubernur Jawa Tengah di tengah Pandemi Covid-19 mulai digalakan masyarakat. Salah satunya di Dusun Kauman Desa Salaman Kecamatan Salaman Magelang.

Di Dusun ini masyarakat berbagi dengan tetangga mereka yang membutuhkan dengan cara menggantungkan sembako dalam plastik di tempat yang sudah disediakan. “Ini merupakan inisiatif murni dari Ibu Ibu majelis Ta’lim Roudhlotul Jannah. Mereka memilki gagasan ini karena peduli keadaan sekarang yang serba susah,” ungkap Kepala Dusun Kauman, Atok Ismunanto.

Atok mengungkapkan, ibu-ibu ini tidak mencari sumbangan dari luar memang murni dari masyarakat untuk masyarakat. “Jadi siapa saja bisa mengisi dan siapa saja yang membutuhkan bisa mengambil secukupnya,” imbuhnya.

Kegiatan ini hanya berlangsung setiap hari Rabu dan Jumat setiap Minggunya. “Seminggu dua kali ibu ibu ini yang mampu tiap pagi menggantungkan kantong plastik berisikan sembako. Biasanya isinya ada  beras, lauk pauk, sayur mayur, bumbu dapur dan lainnya kebutukan pokok,” jelas Atok.

Untuk tempat gantungan sendiri ditaruh di jalan kampung dimana warga bisa mengakses dengan mudah. “Biasanya warga yang membutuhkan mengambilnya setelah Dzuhur atau mendekati waktu memasak untuk buka puasa. Dan mereka mengambil secukupnya saja, jadi bisa berbagi kepada lainnya,” ungkapnya.

Atok menambahkan, kegiatan ini selaras dengan program Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo “Jogo Tonggo”. “Tentunya dengan harapan agar kita peduli terhadap tetangga dan lingkungan guna meringankan beban masyarakat yang membutuhkan akibat dampak Covid-19,” harapnya.

Sementara Ketua Majelis Ta’lim, Fujikah menambahkan dengan kegiatan ini diharapkan bisa membawa manfaat bagi tetangga yang lebih membutuhkan daripada yang mampu. “Tentunya sekaligus untuk berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan yang penuh berkah ini,” tambahnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: