Warung PKK Virtual Jembatani UMKM Kabupaten Magelang Dengan Konsumen

BNews–MUNGKID– Kreatifikan Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang di tengah wabah virus corona patut diapresiasi. Merekan berinovasi menjembatani produsen dan konsumen dalam memenuhi komoditas sehari-hari.

Ketua PKK Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin mengatakan pihaknya membuat semacam ruang pamer dan itu menjadi warung virtual atau pasar virtual PKK. “Hal ini untuk membantu para pegiat UMKM memasarkan produknya dan pembeli dalam mencari kebutuhan sehari-hari,” katanya (11/5/2020).

Inovasi tersebut diberinama Warung PKK, lanjutnya dimana hadir melalui akun instagram @warung_pkk_magelangkab.  “Dalam platform tersebut, masyarakat dapat saling bertransaksi melalui nomor kontak yang tertera. Barang-barang yang diperjualbelikan beraneka ragam seperti makanan olahan atau bahan mentah,” imbuhnya.

Nanti, menurutnya pembeli cukup memesan barang kebutuhannya melalui nomor HP penjual dan setelah disepakati harga dan ongkos kirimnya. Selanjutnya belanjaan akan langsung dikirim ke rumah konsumen.

“Di situ kita tampilkan (foto) produk, nomor HP produsen, jadi langsung antara pembeli bisa langsung kontak ke penjual yang ada di situ, kita memberi solusi, simbiosis mutualisme. Dan PKK tidak mengambil profit di situ, hanya menjembatani bertemunya pembeli dan penjual,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tanti mengungkapkan, konsep Warung PKK sudah digagas sekitar sebulan lalu. Kemudian, dengan segala persiapan, Warung PKK resmi dibuka minggu-minggu ini di instagram dan facebook.

“Alhamdulillah responnya cukup bagus, banyak teman (penjual dan pembeli) di luar PKK itu kami akomodir selama domisilinya di Kabupaten Magelang. Jadi, selain PKK juga ada masyarakat umum. Mereka merasa terbantu karena lebih mudah mencari info komoditas melalui Warung PKK,” ungkapnya.

Tanti berharap program ini jadi kolaborasi yang baik antara PKK di semua lini dan tingkatan, hingga bisa ditiru kabupaten dan kota lainnya. “Sudah ada japri (pesan pribadi) juga dari ketua PKK Kabupaten Pasuruhan mau meniru Warung PKK ini. Mohon dukungannya kami bergerak cepat dan menjadi jalan rezeki buat orang lain di situasi pandemi semacam ini,” tandasnya.

Bagi masyarakat Kabupaten Magelang yang ingin mempromosikan produknya di Warung PKK dapat mendaftar ke pengurus. Kalian bisa menguhubungi melalui nomor kontak 0813 9246 0063 (Ny. Ida Iwan S.) atau 0813 2879 7460 (Ny. Susmiati). (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: