Ratusan Umat Buddha Lomba Lantunkan Kitab Suci di Borobudur

BNews-BOROBUDUR—Acara ‘Swayamvara Tripitaka Gatha’ (STG) Tingkat Nasional X Tahun 2017 diselenggarakan di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang 1-5 November 2017. Ribuan umat Budha dari berbagai daerah di Indonesia turut hadir dalam acara ini yang juga berkompetisi melantunkan parita-parita dalam Kitab Suci Agama Buddha (Tripitaka).
Pembukaan acara dilaksanakan hari ini Kamis, 2 November dan secara resmi dibuka oleh di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Hadir pula dalam acara ini pejabat tinggi daerah antara lain Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sujatmoko, Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Arief Harsono, dan lainnya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh lembaga atau majelis-majelis agama Buddha dalam upaya ajang mengakrapkan diri dengan kitab sucinya, Sehingga perlu dilombakan bagaimana membaca, mendalami, dan memaknai isi ajaran-ajaran dalam kita Tripitaka,” ungkap Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin dalam sambutannya.

“Saya berharap untuk generasi muda umat Buddha tetap mampu mewarikan nilai-nilai luhur ajaran Buddha dalam keseharian mereka,” harapnya saat diwawancarai awak media.

“Menurut saya ajaran Buddha sangat kaya akan nilai etika, moralitas, yang senantiasa terjaga. Itulah sebabnya STG X ini mengangkat tema ‘Melalui Swayamvara Tripitaka Gatha, Kita Wujudkan Revolusi Mental Umat Buddha Indonesia yang Bhineka’, terangnya.

David Hermanjawa, Ketua Panitia Lokal Jawa Tengah STG X menerangkan bahwa sebanyak 1500 umat budha dari 32 Provinsi di Indonesia hadir dalam kegiatan ini.”Nantinya mereka selain memperdalam akan ilmu kitab juga akan berkompetisi melantunkan parita-parita dalam Kita Suci Agama mereka yakni Tripitaka,” katanya.

“Nanti para umat ini akan berkompetisi melantunkan parita-parita dengan berbagai bahasa yakni bahasa Indonesia, Mandarin, Inggris, Pali dan Sanksekerta,” pungkasnya.(bsn)

Berita Tentang :

Berita Tentang Umat Budha di Magelang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: