Website Film Ilegal Akan Diberantas oleh Kementrian

BNews—TEKNO— Pemerintah akan menindak tegas sejumlah website yang menanyangkan film bajakan. Salah satunya adalah platfom IndoXXI.

Namun, kebijakan itu masih akan dilakukan pendalaman oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Dia mengatakan, pihaknya baru akan membicarakan terlebih dahulu dengan otoritas lainnya.

“Itu (pembahasannya) mesti lintas K/L (Kementrian/Lembaga) bukan satu sektor saja,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, kemarin.

Sebelumnya, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, dalam menegakkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Kominfo berencana untuk menghapus keberadaan film bajakan di website streaming dan situs torrent di situs yang paling populer saat ini indoXXI

Dalam menegakkan HAKI tersebut, Kemenkominfo akan bekerja sama dengan  Coalition Against Piracy (CAP) dan Ditjen HAKI Kemenkumham.

“Kita kerja sama. Memang kami tahun depan akan fokus ke pelanggaran HAKI. Kami tidak bisa sendirian, saya juga sudah berbicara dengan Dirjen HAKI,” ujar Semuel.

Lebih lanjut, Semuel mengatakan Kemenkominfo tak hanya akan fokus terkait pelanggaran HAKI di sektor film dan video, tapi juga merambah ke pembajakan lagu hingga buku. (wan/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: