Wisata Mata Air Ndas Gending Magelang Tak Pernah Surut Meski Musim Kemarau

BNews–MAGELANG– Berada di wilayah yang dikeliling Gunung dan Pegunungan, Kabupaten Magelang juga memiliki wisata air. Salah satunya wisata mata air Ndas Gending di Mertoyudan.

Lokasi tepatnya mata air Ndas gending ini  Dusun Ganjuran, Desa Sukorejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Wisata mata air Ndas Gending ini memiliki airnya yang sangat jernih dan mata airnya terus mengalir meskipun musim  kemarau melanda.

Berbicara mengenai musim kemarau, debit air di Ndas  Gending ini menyusut karena musim kemarau yang panjang. Namun tidak seperti mata air lainnya yang selalu kering jika musim kemarau, air di mata air Ndas Gending selalu mengalir

Mata Air Ndas Gending ini menjadi sebuah kolam tampungan dengan kedalaman air saat musim kemarau hanya 1,5 meter, sedangkan saat musim hujan bisa mencapai 2 meter  lebih. Akan tetapi , berkurangnya debit air di mata air Ndas Gending tidak membuat minat pengunjung surut. di saat weekend, pengunjung bisa mencapai 200 orang lebih.

Pengunjung biasanya berasal dari Magelang dan kota di sekitarnya,  seperti Purworejo dan Wonosobo. Saat hari Kliwon tiba, bisanya didatangi oleh untuk melakukan ritual ziarah. Untuk masuk ke area wisata, pengunjung tidak dipungut biaya. Hanya membayar uang parkir sebesar Rp2.000. Jam operasionalnya dari pagi hingga pukul 17.00 WIB.

Tempat ini juga memiliki fasilitas, seperti kamar mandi, kamar ganti, gazebo, dan ayunan. Kolamnya juga dibagi dua, yang berukuran besar untuk laki-laki  dan yang berukuran kecil untuk perempuan. Selain sebagai tempat wisata, Ndas Gending juga berfungsi sebagai pemasok air bersih bagi warga sekitar, khususnya waega Dusun Ganjuran.

PDAM setempat mengambil sumber air dari Ndas Gending yang nantinya dialirkan ke warga dusun untuk kebutuhan sehari-hari. Sebelumnya sumber air diambil dari mata air Kaliangkrik namun karena sering mengalami kekeringan, sehingga dipindah ke Ndas Gending yang airnya melimpah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sebagai putri asli Magelang, aktris dan penyanyi  Nafa Urbach pernah menyambangi mata air Ndas Gending ini saat berada di Magelang, pada 2019 silam saat  tugas kepartaiannya.

Saat mengunjungi mata air Ndas Gading ini, Nafa menyempatkan untuk mengambil foto dan mengunggahnya  di laman Instagram pribadinya @nafaurbach. Dalam kolom keterangan, dia menulis dalam Bahasa Jawa “Kaline bening, banyune anyes atine melu anyes, nek kowe piye ?”

WISATA : Ndas Gending -(Foto: Istimewa)
WISATA : Ndas Gending -(Foto: Istimewa)

Dia mengungkapkan bahwa air yang ada di mata air Ndas Gendhing itu sangat segar sehingga membuat hatinya juga ikut merasa nyaman. Dalam foto itu, Nafa berpose basah-basahan dengan menggunakan baju kebaya dan juru fotonya berhasil mengambil percikan air yang jatuh membasahi dirinya.

Dalam unggahan foto di mata air Ndas Gending lainnya, dia juga menuliskan wisata mata air ini tidak jauh dari tempat tinggalnya di Magelang. Dia juga menuturkan bahwa Magelang memiliki banyak wisata air yang bisa dinikmati dan airnya masih dalam keadaan bersih, bening dan segar sehingga nyaman untuk dinikmati. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: