Pengunjung Susur Sungai di Jogja Diteror Buaya Muara

BNews—JOGJAKARTA— Seekor buaya muara (Crocodylus porosus) berhasil ditangkap oleh warga Kelurahan Srimulyo, Piyungan, Bantul, Jumat sore (12/3). Rencananya, buaya sepanjang 80 sentimeter awalnya muncul tiba-tiba di lokasi wisata susur Sungai Opak ini akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIJ, Senin (15/3).

Penangkapan reptil mematikan ini bermula karena warga dan pengunjung objek wisata resah. Dimana, warga dan komunitas pecinta reptil akhirnya menangkapnya, Jumat sore.

”Rencana serah terima Senin (15/3). Kami masih menunggu berita acara dari Polres Bantul selesai,” kata Kepala BKSDA DIJ, M Wahyudi, Minggu (14/3).

Sementara Pengelola Taman Teratai Biru, Budi Riyanto mengatakan, akibat adanya buaya muara tersebut, lokasi wisata yang dikelolanya sempat sepi pengunjung. Mereka khawatir jika buaya itu muncul dan membahayakan jiwa mereka.

”Akhirnya kami tangkap langsung di air,” terangnya.

Sedang salah satu warga Kalurahan Srimulyo, Hendri mengungkapkan, jika kabar adanya buaya muara telah muncul sepekan terakhir. Dibantu warga, pengelola dan petugas kepolisian melakukan pencarian.

Meski sempat tidak menemukan sosok buaya tersebut, tapi, pencarian itu akhirnya membuahkan hasil. ”Jumat sore berhasil ditemukan. Atas penemuan ini, warga dan perangkat desa telah menghubungi BKSDA DIJ,” terangnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: