IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Yuk Simak Tips Memilih Telur Yang Bagus

BNews—TIPS—Telur merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapatkan. Selain harganya yang terjangkau, telur juga mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan yang menggugah selera.

Karenanya, tak sedikit orang yang memilih telur sebagai stok cadangan lauk di rumah. Namun, saat akan membeli telur, sebaiknya melihat kondisi telur tersebut terlebih dahulu, apakah bagus atau tidak.

Berikut beberapa cara yang dirangkum Borobudur News dari berbagai sumber, untuk memilih telur yang bagus sebelum dibeli.

Cium Aroma Telur

Telur yang memiliki kualitas baik tentunya tidak berbau busuk. Sebelum membeli, sebaiknya telur tersebut dicium aromanya terlebih dahulu.

Cangkang Tidak Retak

Ketika memilih telur, lihatlah kondisi cangkangnya, ada yang retak atau tidak. Sebaiknya jangan memilih telur yang retak meskipun hanya sedikit.

Loading...

Telur yang sudah retak sangat rentan terinfeksi kuman dan bakteri melalui cangkangnya. Begitu juga yang retak meski sedikit, sebab retakan halus dapat membuat pori-pori cangkang terbuka dan udara akan masuk ke dalam. Hal ini bisa membuat telur menjadi mudah rusak dan busuk.

Perhatikan Ukuran Telur

Pilihlah telur dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau kecil. Karena telur dengan ukuran terlalu kecil umumnya berasal dari ayam yang masih muda dengan cangkang keras untuk melindungi isinya.

Guncang Telur Secara Perlahan

Salah satu cara untuk memastikan telur tersebut masih kondisi baik yakni bisa dengan mengocok perlahan. Bila terasa bergerak-gerak dan di dalam telur tersebut mengikuti gerak kocok-an, dapat diartikan bahwa telur sudah tidak baik lagi.

Jadi cara memilih telur yang bagus adalah tidak terasa bergoyang dan tidak ada suaranya saat dikocok.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Telur Berwarna Pekat dan Cerah

Saat memilih telur, sebaiknya memperhatikan warnanya. Perhatikan kulit telur dengan teliti dan jangan memilih telur yang memiliki lubang, bintik, retak, dan kilap.

Telur dengan kualitas baik memiliki cangkang yang berwarna pekat dan cerah. Hal ini menandakan telur masih segar

Sorot Telur dengan Cahaya

Salah satu cara untuk mengecek telur yakni dengan menyorotnya di bawah sinar lampu untuk melihat isinya. Jika bagian dalam telur terlihat terang dan jernih, kuning telurnya berada di tengah dan tidak bebas bergerak, maka telur tersebut memiliki kondisi segar. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: