1,2 Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Nakes di Jawa dan Bali

BNews—NASIONAL—Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 yang telah tiba di Indonesia akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan di Jawa dan Bali. Selain itu juga kepada asisten tenaga kesehatan dan tenaga pendukung fasilitas layanan kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi. ”Untuk 1,2 juta tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga pendukung fasilitas layanan kesehatan di Jawa dan Bali,” ujarnya, Kamis (10/12/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Tekait hal itu, dia menyebut bahwa alasannya karena banyaknya jumlah penduduk di dua wilayah itu. Selain itu, daerah dengan kasus Covid-19 tertinggi ada di Jawa.

”Karena jumlah penduduk kita 60 persen di sini dan kasus Covid-19 yang tinggi ada banyak di (sejumlah daerah) Pulau Jawa,” kata dia.

Sebelumnnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan tenaga kesehatan akan mendapatkan vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Usai sebanyak 1,2 juta dosis vaksin buatan Sinovac tiba di Indonesia, Minggu (6/12/2020).

“Untuk vaksin yang pertama ini nanti yang akan mendapat sasaran adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan,” ujar Terawan dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan kanal YouTube Kemenkominfo TV, Senin (7/12/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan data sasaran dan kebutuhan per kabupaten/kota. ”Yang selanjutnya data tersebut dimasukkan dalam sistem tim Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) yang akan menyiapkan data sasaran dalam bentuk by name by addres,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: