Inspiratif, Pemuda Borobudur Produksi Masker dari Sisa Limbah Kaos

BNews–BOROBUDUR– Kelangkaan masker di pasaran karena wabah corona (Covid-19) membuat prihatin Pemuda Dusun Tingal Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur. Mereka kemudian berinisiatif membuat masker berbahan dasar limbah kaos untuk dibagikan.

Salah satu inisiatornya adalah Sumyar, 38. Dia mengajak Pemuda Dusun Tingal Desa Waburejo Kecamatan Borobudur untuk berpartisipasi aktif dalam program sosial itu. “Kami ajak pemuda kampung untuk mengambil limbah kaos dari salah satu produsen kaos souvenir borobudur.

“Kami ambil limbah tersebut dan potong sesuai pola ukuran yang sudah saya berikan. Kemudian hasil potongan tersebut akan dijahir oleh salah satu warga kami Mbak Yanti, 42,” katanya (27/3/2020).

Menggunakan mesin jahit tuanya, dia menjahit satu persatu limbah kaos tersebut menjadi sebuah masker. Dimana masker ini akan dikenakan terlebih dahulu oleh warga setempat untuk melindungi diri dan keluarganya.

Setelah mereka dan keluarga kebagian masker untuk dikenakan sendiri, nanti juga akan dibagikan ke warga lain yang kesulitan membelinya,” imbuh Sumyar.

Ia juga berharap dengan adanya masker tersebut dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19. “Selain itu, kami disini juga terus berupaya melakukan cara penyemprotan desinfektan dan physical distancing,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: