140 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Magelang Akan Jalani Rehabilitasi Narkotika

BNews—MAGELANG— Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Magelang mulai menggelar program rehabilitasi narkotika bagi warga binaan pemasyarakatan tahun 2022. Dengan peserta rehabilitasi medis ada 20 orang dan rehabilitasi sosial 120 orang.

Plh Kepala Lapas Kelas II A Magelang, Yudi Winardi mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup tahanan penyalahgunaan narkotika.

”Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas tahanan penyalahgunaan narkotika dalam menghasilkan karya,” kata dia saat sambutan. Dalam acara Pembukaan Kegiatan Rehabilitasi Narkotika (Sosial dan Medis) tahun 2022 di Lapas Kelas II A Magelang, Selasa (15/2/2022).

Dia menjelaskan, rehabilitasi medis berupa layanan rehabilitasi medis rawat jalan dengan peserta tahanan penderita penyakit komorbiditas. Seperti HIV, TBC, Hebatitis B/C, dan gangguan psikiatri berdasarkan hasil asesmen.

Sementara rehabilitasi sosial, dirancang untuk fokus pada pengembangan emosional dan intelektual serta perubahan perilaku. Agar dapat kembali melaksanakan fungsi sosial dalam kehidupan bermasyarakat dengan baik dan bertanggung jawab.

”Kegiatan ini dilaksanakan satu tahap yakni selama enam bulan, mulai bulan Februari hingga Juli 2022 mendatang,” jelas Yudi.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin mengatakan, rangkaian kegiatan rehabilitasi ini diantaranya ada konseling, olahraga, pelatihan kemandirian.

”Konseling ini dalam rangka menurunkan ketergantungan (terhadap narkotika). Kemudian ada kegiatan-kegiatan keagamaan. Ada juga pelatihan kemandirian, jadi konsep rehabilitasi ini berbasis kemasyarakatan,” kata dia.

Dia berharap, dengan kegiatan ini, kualitas hidup para peserta dapat meningkat. Artinya, yang bersangkutan dapat berkegiatan tanpa harus menggunakan narkoba.

”Kemudian mereka harus mempertahankan kepulihannya itu. Namanya kan bukan sembuh, bahasanya itu pulih. Jadi kepulihannya itu dipertahankan dan produktivitas meningkat. Dapat menghidupi diri sendiri,” harap Yuspahruddin. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!