15 Perpustakaan di Kota Magelang Ikuti Akreditasi Daring Perpustakaan Nasional

BNews–KOTA MAGELANG– Akreditasi terhadap perpustakaan memang perlu dilakukan. Seperti halnya 15 perpustakaan di Kota Magelang yang mengikuti visitasi akreditasi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Selasa (27/10/20209).

Kegiatan dilaksanakan bergantian secara daring di sekolah masing-masing. Salah satu sekolah yang mengikuti kegiatan ini adalah SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, yang kegiatannya dilaksanakan siang hari.

Dikutip KRJogja.com di sela-sela kegiatan visitasi diantaranya mengatakan ada 6 komponen dari Perpustakaan Nasional RI dipenuhi. Yakni diantaranya koleksi, pelayanan, sarana-prasarana maupun lainnya.

Di perpustakaan SMP Mutual Kota Magelang juga dilengkapi komponen keunikan, diantaranya jam layanan. Kalau di Borang seminggunya 46 jam; sedang di SMP Mutual Kota Magelang bisa mencapai 56 jam mengingat di SMP Mutual Kota Magelang ini juga memiliki sistem boarding. Selain itu juga ada Muhammadiyah Corner, literasi Quran, kajian kitab kuning dan kitab lain seperti Arab Pegon.

Secara terpisah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang Drs Isa Ashari MM kepada KRJogja.com mengatakan ke-15 sekolah ini diajukan akreditasi untuk gelombang II.

Gelombang I sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, yaitu 2 perpustakaan perguruan tinggi, Perpustakaan Umum Kota Magelang dan beberapa perpustakaan sekolah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
Loading...

Hasil akreditasi ada yang meraih predikat A dan ada juga yang B. Perpustakaan Umum Kota Magelang meraih predikat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI Tahun 2020, juga Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) meraih predikat akreditasi A, perpustakaan Universitas Tidar (Untidar) meraih B, perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) meraih A, perpustakaan SD Islam Terpadu (IT) Ihsanul Fikri meraih A, perpustakaan SMP IT Ihsanul Fikri meraih A, perpustakaan SMAN 4 Magelang meraih A dan perpustakaan SMPN 8 Kota Magelang meraih B.

Untuk gelombang II ini diharapkan meraih nilai baik-baik. Perkembangan perpustakaan sekolah di Kota Magelang saat ini dinilai sangat menggembirakan dan pesat kemajuannya. Setelah gelombang II ini, sudah ada 8 sekolah yang mendaftar maju ke gelombang III.

“Dengan sistem daring di masa pandemi Covid-19 ini juga menjadi kesempatan di saat kegiatan belajar-mengajarnya tidak padat seperti sebelumnya untuk membenahi perpustakaan,” kata Isa. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: