171 Juta Pengguna Internet di Indonesia : Toko Online Tumbuh, Toko Offline Bangkrut

BNews—NASIONAL—Survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dirilis medio tahun ini, pengguna internet Indonesia mencapai 171,17 juta jiwa. Setara 64,8 persen dari populasi.

Kondisi ini mendorong tumbuhnya toko online di seluruh Indonesia. Kemudian, membuat toko-toko offline banyak yang bangkrut.

Advertisements


Dari total pengguna internet sebanyak 171,17 juta jiwa, populasi terbesar tinggal di Pulau Jawa dan Sumatera, yakni 76 persen. Sisanya tersebar di seluruh daerah lainnya. Keinginan masyarakat untuk mendapatkan akses internet terus mengalami peningkatan.


Digital Marketing PT Borobudur Media Grup, Wahyu Kurniawan menyebut tingginya angka pengguna internet berdampak pada gaya hidup masyaakat di Indonesia. Dimana, ada pergeseran sikap yang semula lambat ingin cepat. Yang dulu ribet jadi mudah.

“Termasuk pola berbelanja. Pola transportasi, pelayanan publik. Semua sudah serba online. Jika tidak mengikuti pola ini, maka akan semakin kesulitan,” kata dia.

Kondisi ini mendorong pertumbuhan pesat bisnis berbasis online. “Di Magelang pengguna go food semakin banyak. Pengguna jaasa pengiriman barang juga semakin banyak. Dalam lima atau enam tahun kedepan akan mengalami puncaknya,” tutur Wawan.

Untuk itu, dia menyarankan apapun bisnis yang berkaitan dengan produk atau jasa mulai memanfaatkan teknologi online. Sehingga, semakin mudah dicari pasar yang semakin banyak menggunakan smartphone. (co/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: