23 Teroris Dibawa ke Jakarta, Di Antaranya Pelaku Bom Bali

BNews—NASIONAL—Densus 88 memindahkan 23 teroris yang ditangkap di Lampung, ke Jakarta menggunakan pesawat. Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (16/12/2020) siang.

Sebanyak 23 teroris tersebut merupakan jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Diantara mereka, ada Taufik Bulaga alias Upik Lawangan dan Zulkarnen alias Arif Sunarso alias Daud. Yang menjadi buron hampir 18 tahun.

”Baru saja kita menyaksikan 23 tersangkat anggota JI yang digeser dari Lampung ke Jakarta. Baru tiba menggunakan pesawat,” kata Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Dikutip dari jpnn.com

Dia menjelaskan, 23 teroris tersebut akan dibawa ke tahanan khusus milik Densus 88. ”23 tersangka dibawa ke tahanan teroris,” jelas dia.

Lebih lanjut, Ahmad menyampaikan bahwa Zulkarnen merupakan salah satu yang ikut menyusun Pedoman Umum Perjuangan Al Jemaah Al Islamiyah (PUPJI), Qoid Asykari (Panglima Militer) JI.

”Dia yang bertanggung jawab dalam menyusun strategi seluruh operasi serta sasaran serangan yang dilakukan JI antara lain bom kedutaan Filipina tahun 2000, bom natal 2000 (Gereja Katredal Jakarta dan Gereja di Medan), bom Gereja Atrium Senen Jakarta tahun 2000, bom HKBP Jaktim 2000,” ujar dia.

Selain itu juga bom Bali tahun 2002, bom JW Marriot Mega Kuningan Jakarta 2003, bom Kedubes Australia 2004, serta kerusuhan Ambon dan Konflik/kerusuhan Poso.

”Untuk Upik, dia merupakan ahli dalam pembuatan bom dan terlibat dalam aksi terror bom Tentena, bom Gor Poso, bom Pasar sentral dan rangkaian tindakan terror bom lainnya pada 2004 hingga 2006,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: