27 Orang Terluka Dalam Kecelakaan Bus Rombongan Pendaki di Magelang, ini Kata Polisi

BNews–MAGELANG– Kecelakaan bus dan sebuh mobil di jalaur Ketep Sawangan Magelang terjadi pada Sabtu siang tadi (16/7/2022). Akibatnya 27 orang penumpang alami luka-luka.

Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Satria Bagus membenarkan kejadian tersebut. “Benar kecelakaan Bus Pariwisata Tama Holiday Nopol  DK 7590 AK warna putih dengan Suzuki S.cross Nopol : H 1826 FF. Kejadian sekitar pukul 12.30 wib,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa Bus Pariwisata tersebut berisi 34 orang rombongan ditambah 2 crew bus dari Uki Cawang Jakarta Timur yang akan mendaki gunung merbabu via swanting sawangan. Sementara Mobil Zusuki S.Cross berisi empat orang penumpang.

“Untuk lokasi kecelakaan tepatnya di depan SMP Negeri 2 Sawangan masuk Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang,” imbuhnya.

Dan untuk identitas pengemudi, kata Kasat Lantas untuk mobil Suzuki S.cross dikendarai  Arif Himawan, warga asal Borobudur Magelang. Sementara pengemudi Bus Pariwisata adalah Andreas Aditya Linartha, 40, warga asal Harapan Jaya, Kota Bekasi.

Kronologi kecelakaan, lanjut Bus Pariwisata tersebut  membawa rombongan pendaki gunung berangkat dari Uki Cawang Jakarta Timur. Mereka hendak menuju Dusun Swanting Banyuroto, Sawangan.

“Sesampainya di TKP Bus tidak kuat menanjak sehingga terperosok dan terbalik masuk ke kebun cabe. Namun secara bersamaan dibelakang ada mobil Suzuki S.cross. Karena panik pengemudi kemudian mundur dan banting setir ke kiri selanjutnya masuk ke kebun cabe,” paparnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

“Data dari petugas kami di lapangan terdapat total 27 orang alami luka-luka dan 11 orang tanpa luka. Terdiri dari 23 penumpang bus dan 4 orang penumpang mobil,” ujarnya.

Dari total  korban luka tersebut, lanjutnya masih ada 18 menjalani perawatan dan sisanya sudah terkondisi. “Untuk korban yang mengalami luka luka dan masih dalam perawatan yakni 18 orang di RSUD Muntilan dan 4 orang mobil RSUD Merah Putih Kabupaten Magelang,” tegasnya.

Kasat Lantas mengatakan, bahwa petugas Satlantas Polres Magelang tidak lama  dari kejadian langsung menuju TKP karena mendapat laporan. “Petugas kami langsung membantu evakuasi korban. Selain itu melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi,” ujarnya.

Dari hasil olah TKP, katanya diketahui bahwa cuaca pada saat kejadian di TKP berkabut tebal jarak pandang 20 meter.  “Kendaraa Bus diketahui tidak kuat menanjak dan  sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik. Dan unntuk barang bukti kendaraan sudah berhasil dievakuasi,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!