3 Trik Sederhana Merawat Smartphone agar Awet dan Tahan Lama

BNews—TIPS— Kini tak sedikit orang yang memiliki smartphone. Pasalnya, hampir setiap kegiatan dalam kehidupan sehari-hari bergantung pada gadget yang satu ini.

Karenanya, gadget tersebut harus bisa dirawat agar awet dan tak cepat rusak. Nah berikut ini tiga cara mudah merawat smartphone:

1. Charge sebelum Baterai Handphone Habis Total

Tips pertama yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik smartphone adalah mengisi baterai gadget tersebut sebelum habis total. Baterai yang sudah 0 atau kosong dapat memberikan risiko kerusakan pada ponsel yang dimiliki.

Apabila ponsel dibiarkan kehabisan baterai, maka akan butuh waktu ekstra agar bisa mengisinya hingga penuh. Hal tersebut nyatanya dapat menyebabkan ponsel menjadi panas, karena terlalu lama dalam proses pengisian dayanya.

Suhu yang panas tentu sangat tak baik bagi baterai Lithium-ion, jenis baterai yang umumnya dipakai oleh kebanyakan handphone. Selain itu, mengisi item elektronik ini setelah dayanya 0 juga bisa menyebabkan reaksi kimia di dalam baterai. Alhasil, kondisi tersebut bisa membuat baterai menjadi kembung dan memiliki usia pemakaian yang pendek.

Untuk waktu yang tepat dalam men-charge daya smartphone, maka bisa sekali untuk melakukannya saat masih berdaya 50 persen, 60 persen, atau 70 persen. Ini karena, baterai ponsel akan cepat terisi, handphone jadi tak cepat panas, dan bahkan terhindar dari berbagai kerusakan.

2. Gunakan Charger Original

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan headset dan charger original. Di zaman sekarang, ada begitu banyak produk gadget palsu yang bisa ditemukan dengan harga murah. Tak jarang, hal tersebut membuat banyak orang tergiur dan mencoba membelinya.

Padahal, memasangkan perangkat palsu pada handphone bisa membuat arus listrik jadi tak stabil dan bisa mengakibatkan kerusakan. Sebab, ponsel yang dimiliki akan mudah terkena panas yang berlebihan akibat charger yang tak compatible. Oleh karena itu, lebih baik memiliki dan menggunakan charger yang original, meskipun harganya lebih mahal dari biasanya.

3. Pasang Casing dan Screen Protector

Smartphone yang dimiliki biasanya akan rawan terkena goresan dan bahkan keretakan. Hal itu bisa saja terjadi apabila kamu tak sengaja menjatuhkannya ke lantai atau terkena benda yang keras. Maka dari itu, perlu sekali melakukan langkah pencegahan agar permukaan ponsel bisa tetap mulus dan tanpa baret sedikitpun.

Nah, agar gadget kesayangan memiliki tampilan luar yang tetap bagus, maka kamu bisa memasangkan sebuah casing dan screen protector. Hal ini disarankan supaya body HP kamu bisa terlindungi dengan sempurna.

Selain itu, memakai casing juga dapat membuat ponsel jadi semakin keren. Pasalnya, ada banyak sekali desain item ini yang bisa dipilih dan dibeli dengan harga terjangkau. (*)

Sumber: merdeka.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!