42 Orang Diamankan Pascaaksi Rusuh di DPRD Kota Magelang

BNews—MAGELANG— Kepolisian bertindak tegas melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku kerusuhan saat aksi unjuk rasa #MagelangBergerak, kemarin siang. Sedikitnya 42 orang diamanakan.

Hal itu diungkapkan oleh Dirpamobvit Polda Jateng Kombes Suparyono disela-sela pengamanan aksi unjuk rasa di komplek DPRD Kota Magelang, kemarin. Mereka yang diamankan diduga kuat sebagai provokator.

Advertisements


“Diamankan sekitar 42 orang. Sudah dibawa ke Mapolres Magelang Kota,” kata Suparyono.


Mereka ditangkap setelah diketahui melakukan penyerangan dan pelemparan kepada petugas keamanan. Juga melakukan perusakan sejumlah fasilitas umum.

Kerusuhan di aksi #MagelangBergerak terjadi dua kali. Pertama saat massa mulai beradatangan ke komplek DPRD Kota Magelang. Kericuhan kembali pecah  sebagian massa aksi #MagelangBergerak membubarkan diri.

Massa dari mahasiswa dan koordinator #MagelangBergerak menyebut aksi dilaksanakan damai. Jika ada kerusuhan bukan dari bagian kegiatan yang diinisiasi oleh mereka.  

Ketika massa membubarkan diri itulah kericuhan pecah. Segerombolan massa yang terlihat masih remaja tiba-tiba melepar batu ke arah polisi yang berada di halaman kantor DPRD Kota Magelang. Massa juga melempari petugas yang berada di halaman kantor Pemkot Magelang.

Tidak hanya itu, tembok keliling juga dicorat coret. Lampu taman dipecah. Pot-pot tanaman hias dipecah. Pos satpam juga dirusak.

Aksi pelemparan terus terjadi, polisi pun sempat menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa agar meninggalkan kawasan Jalan Sarwo Edi Wibowo. Aksi massa bisa diredam ketika memasuki waktu Magrib. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: