49 Peserta Lolos SKPP Daring Bawaslu Kabupaten Magelang

BNews–MUNGKID-– Program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang terus berlanjut. Kali ini sebanyak 49 peserta lolos tahap Web Diskusi.

“Perlu diketahui untuk total peserta yang mengikuti SKPP di Kabupaten Magelang adalah 66 peserta. Dan setelah seleksi lolos 49 lolos dalam tahapan web diskusi,” ungkap Staf Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Magelang, Danang Gatot Dwijoyo SH (8/6/2020).

Ia mengungkapkan bahwa ke-49 peserta SKPP Daring berhak mengikuti tahap Web Diskusi setelah memenuhi ketentuan dalam tahap Pembelajaran Audio Visual. “Alhamdulillah minat generasi muda di Kabupaten Magelang mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif sangat besar. Ini tentu membanggakan kami. Dimana rincian yang lolos 26 laki-laki dan 23 perempuan,” imbuhnya.

Menurut Danang Tahap Web Diskusi akan diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2020 pukul 14.00 WIB secara daring. Narasumber dan moderator akan mengikuti SKPP Daring di Kantor Bawaslu, sementara para peserta di rumah masing-masing.

Dijelaskan Web Diskusi akan menghadirkan narasumber Kordiv Pengawasan MH Habib Shaleh SS, Kordiv Penyelesaian Sengketa Sumarni Aini Chabibah, M.Hum. serta Kordiv Penindakan Fauzan Rofiqun, S.Ag, Kordiv Organisasi dan SDM M. Yasin Awan Wiratno; dan Kordiv Hukum data dan informasi M Dwi Anwar Kholid S.Pd.I.

Danang meminta para peserta untuk mempersiapkan diri mengikuti Web Diskusi SKPP Daring. Yakni pertama menginstal aplikasi Zoom, kemudian mempelajari cara penggunaan aplikasi. “Terpenting adalah menyiapkan koneksi internet, serta mempelajari materi tahap Pembelajaran Audio Visual agar diskusi berjalan interaktif,” tandasnya.

DOWNLOAD MUSIK MUSIK KEREN (KLIK DISINI)
Loading...

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang MH Habib Shaleh mengatakan SKPP Daring merupakan sarana pendidikan pemilu dan pilkada kepada generasi muda di Kabupaten Magelang. Program SKPP daring ini diharapkan dapat meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada di kabupaten Magelang dengan meyasar kelompok strategis terutama generasi milenial.

“ Bawaslu Kabupaten Magelang berupaya menyediakan fasilitas bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan melakukan pengawasan partisipatif. Meski dalam kondisi Pandemi Corona Bawaslu tetap bekerja mengembangkan pengawasan partisipatif. SKPP Daring ini salah satunya,” katanya.

Disebutkan bahwa tujuan jangka pendek SKPP Daring adalah terbentuknya pengawas partisipatif di Kabupaten Magelang. Adapun tujuan jangka panjangnya adalah program ini dapat berkesinambungan dan menjadi model pengawasan pemilu partisipatif.

DOWNLOAD MUSIK MUSIK KEREN (KLIK DISINI)

“Nah nantinya dapat dilaksanakan pada pemilu-pemilu selanjutnya sehingga trend partisipasi masyarakat meningkat dalam mengawal proses demokrasi, baik Pemilu dan Pilkada di masa depan.” ujarnya.

Habib berharap para alumni kader SKPP Daring nantinya bisa menjadi tokoh-tokoh demokrasi di Kecamatan masing-masing. “Alumni SKPP Daring memiliki pengetahuan terkait pemilu dan demokrasi. Mereka nantinya bisa berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilu, bergabung ke lembaga pemantau maupun menjadi pengawas partisipatif,” harapnya.

“SKPP Daring ini akan membawa manfaat bagi pengembangan demokrasi dan pengawasan partisipatif di Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: