HORE !!!! Tak Lama Lagi Wisatawan Boleh Naik Struktur Candi Borobudur, Namun ….

BNews–MAGELANG– Kabar gembira datang pada dunia wisata di Kabupaten Magelang. Terkhusu Objek pariwisata Candi Borobudur akan segera dibuka. Dan boleh menaiki bangunan Candi Borobudur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pun meninjau kesiapan pihak pengelola dalam membuka tempat wisata megah tersebut.

Wisatawan tidak lama lagi akan diperbolehkan untuk naik ke struktur terbatas Candi Borobudur. Namun terdapat beberapa peraturan baru akan diterapkan.

Tidak hanya jumlah pengunjung yang terbatas, wisatawan yang naik juga diwajibkan menggunakan sandal khusus. Dimana sandal tersebut  diproduksi oleh pelaku UMKM dan masyarakat di sekitar kawasan Borobudur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi hal tersebut.

Menurutnya, selain meningkatkan daya tarik pariwisata Borobudur, kebijakan tersebut juga akan membangkitkan ekonomi masyarakat dengan terbukanya lapangan kerja.

“Sesuai petunjuk dari Balai Konservasi, kita akan mulai menerima kunjungan wisatawan 4.000 di pelataran dan 1.000 yang bisa naik ke Candi dengan sandal yang sesuai dengan yang ada di relief nomor 150 Karmawibhangga,” kata Menparekraf Sandiaga Uno usai melihat progres penataan kawasan Candi Borobudur, Jumat (14/1/2022).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sandal yang oleh Balai Konservasi Borobudur diberi nama Upanat ini wajib digunakan wisatawan yang akan naik ke Candi agar tidak merusak tangga dan struktur bangunan lainnya yang ada di Candi.

Namun lebih dari itu, akan membuka peluang usaha masyarakat karena sandal-sandal ini akan diproduksi UMKM dengan menggunakan bahan-bahan yang juga ada di kawasan Borobudur.

“Dengan diproduksinya sandal ini diperkirakan akan membuka sekitar 1.200 lapangan kerja. Kita akan pastikan bahwa ini adalah kebangkitan ekonomi yang langsung dirasakan masyarakat karena masyarakat sudah betul-betul membutuhkan kebangkitan ekonomi khususnya di kawasan Borobudur,” kata Sandiaga Uno.  

“Ini adalah kebangkitan ekonomi terbukanya lapangan kerja dengan kelestarian yang dijaga. Konservasi yang pasti akan kita prioritaskan dan juga harapannya ini bagian daripada pemenuhan kebutuhan masyarakat karena masyarakat sudah lebih dari dua tahun menghadapi pandemi. Mari kita giatkan kembali dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!