5 Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh, Jangan Sepelekan!

BNews—KESEHATAN— Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur, melainkan juga diyakini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Nah, berikut ini adalah lima manfaat bawang putih mentah atau yang diolah secara sehat untuk tubuh:

1. Menangkal pilek, radang, dan batuk

Manfaat bawang putih sebelum di pagi hari sebagai salah satu obat alami yang berguna untuk memperkuat kekebalan tubuh. Hal ini tak terlepas dari kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih.

Kandungan allicin terbukti ampuh membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, flu, batuk, dan radang tenggorokan. Selain itu, kandungan diallyl sulfide dalam bawang putih dapat membantu melawan bakteri penyebab penyakit.

Sebuah penelitian terbitan Advances in Therapy membuktikan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki potensi terkena pilek lebih rendah daripada kelompok yang hanya mengonsumsi obat plasebo.

Sementara, hasil penelitian lainnya dari Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi risiko terkena pilek dan flu.

2. Mengobati jerawat membandel

Jika cara untuk mengobati jerawat yang Anda lakukan selama ini tidak kunjung berhasil, maka tak ada salahnya mencoba manfaat bawang putih satu ini. Ya, manfaat makan bawang putih berikutnya adalah untuk mengobati jerawat yang membandel.

Sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Angewandte Chemie mengemukakan bahwa kandungan allicin yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat berkat sifat antibakteri di dalamnya.

Selain itu, kandungan asam sulfenat yang terbentuk dari dekomposisi allicin dapat membantu meringankan bekas jerawat, penyakit kulit, dan sejumlah alergi.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

3. Mengatasi rambut rontok

Manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh lainnya adalah mengatasi rambut rontok. Bawang putih dapat membantu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala bagi penderita alopecia atau kebotakan. Hal ini berkat zat sulfur yang mengandung keratin tinggi di dalamnya.

4. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih sebelum tidur dapat membantu untuk mencegah kadar kolesterol tinggi.

Sebuah penelitian terdahulu yang dipublikasikan dalam Journal of Postgraduate Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah sekitar 10 gram atau 1-2 siung setiap hari selama dua bulan berturut-turut berhasil menurunkan kadar kolesterol cukup drastis.

Hasil studi lainnya yang dimuat dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Medicine menemukan bahwa manfaat makan bawang putih mentah dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol total.

5. Mengendalikan tekanan darah

Selain kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dapat menjadi pemicu lain dari berbagai penyakit kardiovaskular. Nah, Anda bisa mengandalkan manfaat bawang putih untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Potensi untuk menurunkan tekanan darah sudah lama dikenal sebanding dengan obat hipertensi generik.

Sebuah hasil studi dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwa efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik setelah makan bawang putih mentah hampir sama dengan obat hipertensi atenolol.

Selain itu, bawang putih mengandung polisufida yang bekerja dengan memperlebar pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.  Anda bisa merasakan manfaat bawang putih dengan mengonsumsi sebanyak empat siung per harinya untuk menurunkan tekanan darah. (*)

Sumber: sehatq.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: