Ada 5 Pantai Di Jogja Terkenal Horor, Salah Satunya Pintu Gerbang Kerajaan Gaib

BNews–JOGJA– Wilayah Yogyakarta, selain dikenal wisata sejarahnya juga dikenal memiliki banyak pantai yang indah di bagian selatan wilayahnya.

Bahkan sisi selatan Yogyakarta juga terkenal menyimpan sejumlah pemandangan alam yang eksotis.

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata alam hingga sejarah, yang wajib Anda jelajahi.

Daerah Istimewa ini juga memiliki beberapa pantai indah, serta dikenal dengan cerita mistisnya.

Mitos dan cerita mistis menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk melancong ke Yogyakarta.

Bukan merasa takut, malah dibuat penasaran. Ingin tahu apa saja pantai yang terkenal horor di Yogyakarta?

Berikut adalah lima pantai di Yogyakarta yang memiliki pemandangan indah, dan dikenal horor, dirangkum pada Jumat(28/5/2021).

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan bagian dari destinasi wisata di Yogyakarta yang sangat terkenal. Di sepanjang mata memandang, kawasan ini dipenuhi boleh pasir vulkanik hitam. Dipadukan dengan birunya langit, deburan ombak laut membuat suasana menjadi menyenangkan.

Akan tetapi pantai yang terletak di Selatan ini punya cerita mistis, yakni disebut-sebut sebagai persinggahan penguasa Laut Selatan. Dia adalah Nyi Roro Kidul, namanya pasti sudah tak asing lagi bukan?

Menurut legenda, ketika datang ke sini Anda sedang memasuki kediaman Kanjeng Ratu Kidul, Ratu dari Pantai Selatan yang dikenal dengan pakaiannya yang berwarna hijau. Untuk alasan ini, Anda dilarang untuk memakai pakaian berwarna hijau ketika berada di kawasan pantai ini.

 2. Pantai Indrayanti

Selanjutnya ada Pantai Indrayanti. Salah satu destinasi wisata paling terkenal di Gunungkidul, Yogyakarta. Pesonanya pun tak kalah dengan deretan pantai-pantai di Bali loh!

Terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, wisata bahari ini sering disebut sebagai pantai Kuta-nya Yogya. Pantai ini juga punya cerita mistis, lho. Pernah terjadi kesurupan massal terhadap rombongan siswa, setalah mengambil pasir dan karang di pantai ini.

3. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo berlokasi di sebelah barat Pantai Parangtritis, ini menjadi salah satu pantai yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar.

Dalam tradisi Jawa, pantai ini dianggap sebagai salah satu gerbang utama atau jalan tol menuju Keraton Gaib Laut Selatan, kerajaan Nyi Roro Kidul yang menguasai Laut Selatan (Samudera Hindia).

Akan tetapi di balik cerita mistisnya itu, keindahan pantai Nino juga tak kalah menarik lho. Ada beberapa spot yang bisa Anda kunjungi, untuk berburu foto atau sekadar menikmati keindahannya.

4. Pantai Jungwok

Mitos dan misteri juga tak lepas dari Pantai Jungwok. Bentuknya agak cekung, indah, juga cukup luas.

Dikenal memiliki ombak pantai yang besar, seringkali karang di sana tiba-tiba pecah ketika dihantam oleh ombak pantai tersebut. Namun, siapa sangka Pantai Jungwok punya sedikit kisah misteri tersendiri.

Pasalnya, Pantai ini cukup terpencil dan belum banyak fasilitas. Bahkan jumlah rumah penduduk setempat bisa dihitung dengan jari. Pantai yang berlokasi di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul ini saat malam hari terasa sangat sepi dan menyeramkan. Pengunjung yang berada di pantai ini kerap merasa seolah ada yang mengikuti.

5. Pantai Samas

Terakhir adalah Pantai Samas. Pantai ini terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, jaraknya sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta.

Menariknya, pantai satu ini menjadi salah satu tempat persinggahan penyu. Ini menjadi daya tarik. Akan tetapi, Pantai Samas juga menyimpan cerita mistis. Konon, pada suatu hari sejumlah orang yang sedang memancing di area pantai ini, tiba-tiba melihat penampakan pocong. Tepatnya saat matahari mulai terbenam. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: