Ada 7 Cara Mudah Bikin Pagi Hari Lebih Bersemangat, Meski Tanpa Kopi

BNews-KESEHATAN- Masih membutuhkan dua gelas kopi setiap pagi agar tetap terjaga sepanjang hari? Menurut International Coffee Organization, sekitar 1,6 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seluruh dunia.

Meskipun begitu, terlalu sering minum kopi juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, cobalah tips semangat pagi yang lebih sehat berikut ini.

Mengonsumsi kafein lebih dari 500-600 mg setiap hari dapat menyebabkan insomnia, kecemasan, gelisah, mudah marah, gangguan pencernaan, detak jantung yang cepat, bahkan kejang otot.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein, meskipun dalam jumlah yang normal, masih memiliki efek negatif pada tubuh.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah agar Anda dapat menjalani rutinitas pagi tanpa bergantung pada kopi atau kafein.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Ubah Nada Alarm Pagi Anda

Untuk itu, coba ganti nada dering alarm Anda setiap minggu untuk membuat Anda terkejut pada pagi hari.

Letakkan alarm jauh dari tempat tidur Anda, seperti di meja rias atau di samping pintu kamar. Ketika alarm pagi berbunyi, Anda harus bangun dan berjalan untuk mematikannya tanpa terkecuali.

Dengan tips ini, Anda akan lebih bersemangat untuk melanjutkan aktivitas pagi daripada menekan tombol snooze dan tidur kembali.

  1. Tarik Napas Perlahan

Sisihkan waktu sejenak untuk duduk di tepi tempat tidur dan menarik napas perlahan serta menghembuskannya secara dalam beberapa saat. Tips sederhana ini dapat membuat Anda lebih bersemangat sebelum menjalani aktivitas pagi.

Nikmati ketenangan dan gunakan waktu untuk merencanakan hari Anda. Pikirkan tentang tujuan dan tugas yang harus Anda capai. Tulis catatan apa pun yang Anda perlukan untuk menjaga keadaan pikiran Anda lebih tenang dan lebih efisien.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Buka Gorden dan Mulailah dengan Olahraga Kecil

Mengutip dari Forbes, kebiasaan membuka gorden dan menyalakan lampu di kamar tidur segera setelah bangun pagi akan membuat Anda merasa segar dengan cepat.

Sinar matahari akan memberikan sinyal pada otak Anda, menandakan bahwa saatnya Anda bangun dan bergerak. Terlalu lama berada di kamar yang gelap dan dingin hanya akan memperkuat rasa ingin tidur Anda.

Aktivitas fisik di pagi hari tidak hanya memberi Anda dorongan energi, tetapi juga memompa tubuh serta memastikan indera tubuh tetap aktif dan berjalan. Anda akan merasa siap menghadapi setiap masalah yang muncul.

  1. Tips Semangat Pagi dengan Minum Air, Bukan Kopi

Disarankan untuk selalu minum air putih sebelum tidur dan juga di pagi hari. Mengutip dari CNN, minum segelas air dingin saat perut kosong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya adalah menjaga kinerja sistem limfatik yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Air putih akan merangsang metabolisme untuk bekerja sehingga Anda akan bangun lebih cepat dan merasa waspada. Maka, selalu siapkan segelas air di meja kamar tidur Anda untuk menyambut pagi.

  1. Buat Motivasi Pagi

Jika setiap kali tidur dan bangun pagi Anda hanya membayangkan tumpukan pekerjaan yang belum selesai, rutinitas pagi Anda tidak akan menyenangkan.

Otak Anda akan menghubungkan bangun pagi dengan “teror” di kantor yang harus dihindari. Hal ini akan membuat Anda terus menunda bangun dan akhirnya merusak hari Anda.

Buatlah satu rutinitas sehat di pagi hari yang selalu Anda anticipasi, seperti janjian sarapan bersama teman di kafe atau mengikuti kelas olahraga pagi di gym.

Mulailah hari dengan sesuatu yang menyenangkan bagi Anda daripada langsung menyambut hari dengan beban pekerjaan yang berat. Dengan demikian, Anda akan lebih bersemangat di pagi hari.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Hindari Memeriksa Ponsel di Pagi Hari

Melihat notifikasi berita atau media sosial melalui ponsel di pagi hari adalah kegiatan pasif yang dapat mengurangi produktivitas pagi Anda.

Setiap kali kita memeriksa ponsel, otak kita akan menerima berbagai rangsangan yang berpotensi menyebabkan stres di pagi hari. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan perangkat ini untuk sementara waktu di pagi hari.

  1. Cuci Muka

Tampaknya sederhana, namun melakukan perawatan wajah di pagi hari dapat membantu mengurangi stres yang mungkin muncul sepanjang hari. Tips ini sangat berguna bagi Anda yang kurang bersemangat setelah bangun tidur.

Selain menjadi rutinitas perawatan kulit yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, waktu perawatan diri seperti ini juga bisa menjadi cara yang tepat untuk memulai hari yang sibuk dan mengurangi stres. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: