Ada Situs Pesan Sayuran Online Di Magelang, Permudah Untuk Belanja Harian

BNews–MAGELANG–Ada kabar gembira bagi warga Magelang yang tak perlu repot untuk belanja sayur-mayur. Ada opsi menarik yakni belanja sayur lewat ponsel android yang tiap hari dipegangnya.

Masyarakat tak perlu pergi ke pasar atau menanti eyek (pedagang sayur keliling) lewat. Warga cukup lewat,situs web PesanSayuran.com.

Warga bisa  pilih sayur, buah, atau daging yang diinginkan, lalu bertransaksi via WhatsApp, dan konsumen duduk anteng di rumah sampai kurir tiba mengantarkan pesanan.

PesanSayuran.com, platform toko daring (dalam jaringan) yang menyediakan sayur, sembako, dan lain-lain. Baru didirikan pada bulan Juni 2021 oleh sekelompok anak muda, yakni Zahid Fauzi Rahmawan (26), Zakiy Firosy As Syahid (26), Khairul Marzukin (28), dan Lambang Prayogi (23).

Dalam usaha rintisan (startup) tersebut, mereka punya peran masing-masing. Zahid mengurus pemasaran, Zakiy pada operasional, Marzukin pada sistem informatika, dan Lambang mengawasi kualitas dan kuantitas barang dagangan. Saat ini mereka hanya menyanggupi pesanan di Kota Magelang dan sekitarnya.

 Zakiy menuturkan PesanSayuran.com memiliki target pasar pengguna facebook dan instagram dengan rentang usia 25-50 tahun, terutama yang bergender perempuan. Promosinya lewat facebook ads dan instagram ads, layanan dalam kedua platform tersebut berupa iklan berbayar.

Dalam sehari, mereka sanggup menerima 20-30 pesanan. Tersedia tiga kurir yang bakal mengantarkannya. Setiap kurir mendapat jatah 10 titik pengantaran. Rata-rata ongkos kirim yang dikenakan Rp10 ribu sampai Rp15 ribu, tergantung jarak lokasi si pelanggan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Namun, dengan pembelanjaan minimal Rp47 ribu, ongkos kirim digratiskan. Pembayaran bisa melalui transfer via bank atau bayar tunai di tempat.

“Sayur diambil di Pasar Gotong Royong Magelang pukul 02.00 malam. Selesai pengemasa waktu subuh. Pukul 06.00 kurir berangkat, selesai (mengantar) pukul 09.00 atau 10.00,” jelas Zakiy.

Format pemesanan dan pembelian barang, kata Zakiy, belum menerapkan format lokapasar macam Shopee, Tokopedia, atau sejenisnya yang sekaligus bisa berfungsi sebagai media transaksi. Dia ragu para konsumennya lekas paham mengoperasikan cara tersebut, sehingga situs web ditampilkan sebagai katalog belanja saja. Katalog juga bisa diakses lewat akun instagramnya yaitu @pesan.sayuran

Peluncuran PesanSayuran.com bisa dibilang pada momen yang ‘tepat’, ketika aktivitas warga di luar rumah dibatasi imbas pandemi Covid-19 dan usaha rintisan ini bisa membantu menyediakan pasokan makanan secara mudah. Selain itu, ada juga tambahan obat vitamin C dan beras seberat 3 kilogram bagi pelanggan yang mesti isolasi mandiri (isoman).

Obat disediakan PesanSayuran.com, sedangkan pasokan beras dari kerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT),  organisasi nirlaba yang fokus pada kerja-kerja kemanusiaan.

Inisiatif tambahan tersebut didasari pengalaman Zakiy yang kesulitan mendapat makanan via aplikasi ojek daring lantaran mengaku sedang isoman kepada pengemudi ojeknya. Ada juga pengalaman kesulitan mengakses obat-obat Covid-19 di beberapa fasilitas kesehatan.

OWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Waktu itu saya pesan beberapa kali di Gojek, lalu saya bilang sedang isoman, pesanan saya di-cancel (dibatalkan). Mereka (pengemudi ojek daring) pada takut. Maka, saat yang lain malah menghindari, kami mendekat ke pasien isoman,” imbuhnya.

Hingga sekarang, ratusan pasien isoman telah mendapat layanan itu. Nyaris setiap hari pesanan seperti ini menghampiri admin PesanSayuran.com. Tak perlu menunjukkan hasil uji tes Covid-19 sebagai syarat, pasien hanya diminta kejujurannya saja.

“Kami maunya gitu (meminta bukti hasil tes Covid-19). Kami juga tidak bilang kalau (pasien isoman) dapet vitamin dan beras. Meminta itu kok tidak enak ya. Kami husnuzan saja,” sambungnya.

Sejauh ini, Zakiy menyebut respons para konsumennya selalu puas, terbukti dengan berbagai testimoni yang disampaikan oleh mereka dan selalu memesan kembali. Kendati demikian, dia tidak menampik ada pula komplain yang diterima, seperti telur pecah atau buah terlihat busuk.

“Tapi kami langsung ganti yang baru. Tapi kalau terlalu jauh (lokasi konsumennya), kami hitung dulu, uang bisa di-refund (dikembalikan, red) atau diganti untuk orderan berikutnya,” bebernya.

Sekarang, Zakiy bersama kawan-kawannya tengah menyiapkan PesanSayuran.com untuk wilayah Temanggung dan Wonosobo. Lalu hendak beralih tengkulak ke para pedagang di Kecamatan Pakis,

Kabupaten Magelang lantaran lebih terjangkau harganya. Dan rencana-rencana lain yang masih mengendap dan kita hanya bisa menunggu hasilnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: