Ajarkan Nilai Berbagi Saat Idul Adha, SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Kurban Sapi dan Kambing

BNews–MAGELANG– Suasana berbeda terlihat di SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang Senin siang (11/7/2022). Tak seperti sekolah lain yang siswanya sudah mulai berdatangan, justru penuh daging sapi dan kambing.

Usut punya usut, sekolah tersebut belum memulai tahun ajaran baru 2022/2023 ini. Kalau sekolah negeri sudah dimulai tanggal 11 Juli, kalau sekolah Islam swasta berbeda karena ada hari tasyrik.

“Ini sesuai edaran dari Kemenag. Bagi Sekolah swasta islam berbeda dari sekolah negeri lainnya. Oleh karena itu kami akan memulai tahun ajaran baru 2022/2023 pada tanggal 13 Juli 2022. Dan waktu ini di hari tasyrik kami laksanakan penyembelihan hewan kurban dalam moment Idul Adha,” kata Kepala SD Terpadu Ma’arif Gunungpring, Fitri Haryanti,S.Pd.

Ia meyebutkan, bahwa kegiatan kurban ini sudah 8 tahun berjalan secara rutin di sekolahnya. “Ini merupakan hasil iuran dari siswa dan guru. Dan kali ini mampu berkurban satu ekor sapi dan dua ekor kambing,” imbuhnya.

Dan untuk hasil kurban ini, lanjutnya nanti untuk kambing direncanakan akan menjadi 85 bungkus dan sapi sekitar 115 bungkus.

“Nanti akan dibagikan kepada tiga katagori, mulai dari guru, murid pilihan secara paralel dan di lingkungan sekolah. Jadi tidak ada yang di makan di sekolah, full dibagikan,” ungkapnya.

Dan pelru diketahui, katanya kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin di SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Kecamatan Muntilan setiap hari raya Idul Adha. “Hal ini sekaligus mengajarkan karakter anak untuk saling berbagi kepada yang membutuhkan,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!