Akhirnya Peningkatan Jalan Magelang-Bandongan-Kaliangkrik Segera Dilaksanakan

BNews–MAGELANG– Akhirnya jalan Magelang-Bandongan-Kaliangkrik akan segera dilakukan peningkatan kualitasnya. Hal ini diketahui setelah dilakukan sosialisasi pekerjaan jalan tersebut di Aula Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang kemarin siang (17/3/2021).

Untuk  waktu pelaksanaan peningkatan jalan tersebut akan berlangsung selama 240 hari. Dan dimulai dari tanggal 01 Maret sampau 26 Oktober 2021.

Sementara untuk  sumber dana berasal dari DAK ( Dana Alokasi khusus ) dengan nilai pagu Rp.28.500.000.000  dan nilai kontrak Rp.26.770.916.000. Anggaran tersebut dengan target Pelabaran ruas jalan dari 4m menjadi 7m sepanjang 6,4 Km.

Hadir dalam kegiatan Anggota DPR Provinsi Jateng Edi Susilo, Kepala PU Bina Marga Jateng di wakili Ir.Barkah Widiharsono MT, Kepala Balai Pengolahan jalan Kabupaten Magelang Sumantoro; anggota DPRD Kabupaten Magelang  Edi Gunawan, Plt Camat Bandongan Daryono Umar singgih; Kapolsek Bandongan AKP Sukardiyana; Forpincam Bandongan.

Serta ada Kades dan Kadus serta perwakilan warga masyarakat yang terdampak peningkatan ruas jalan serta tamu undangan lainya berjumlah kurang lebih 70 orang.

Dalam sambutannya Plt.Camat Bandongan Daryono Umar Singgih mengatakan, pihaknya sangat menyambut kabar bahagia ini. Tentunya  terkait dengan rencana pembangunan ruas jalan wilayah Bandongan.

“Diketahui bersama, saat ini musim hujan yang menimbulkan banyak keluhan masyarakat melaui sosial media terkait kondisi jalan tersebut. Dan informasi tersebut sampai ke anggota DPRD dan pada saat ini kita merasa bahagia bahwa dari anggota DPRD Jateng serta instansi terkait akan memberikan. pencerahan terkait dengan pembangunan ruas jalan Magelang Bandongan Kaliangkrik,” katanya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara Kepala PU Bina Marga Propinsi Jawa Tengah diwakili Ir.Barkah Widiharsono MT,  menyampaikan, bahwa terkait dengan peningkatan jalan tersebut akan dilakukan berjenjag.

“Nanti juga akan dibantu dari pengamat jalan. Dan untuk pekerjaan rencana mulai 1 Maret sampai 26 Oktober 2021. Kita mendapat bantuan DAK pusat yang cukup besar kurang lebih Rp  28,5 Miliar,” ujarnya.

Dan bantuan anggaran tersebut, lanjutnya diharapakan  nantinya akan bisa cepat dalam pengerjaan ruas jalan tersebut. “Jadi untuk Paket pembangunan ruas jln mgl kaliangkrik ini dapat berjalan cepat dan kondusif,” ucapnya.

Sedangkan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang merupakan dari Fraksi PDI Perjuanga, Eko Susilo menambahkan bahwa masyarakat itu sudah sangat membutuhkan.

“Intinya masyarakat butuh jalan bagus, tidak banjir dan saluran irigasi lancar. Itu terpenting,” katanya yang juga merupakan warga asli Bandongan.

Ia juga menjelaskan sebenarnya pelaksanaan pekerjaan jalan ini sudah sejak tahun 2020 lalu dengan anggaran Rp 5 Miliar. Namun, karena anggaran terkena refocusing akibat covid-19 maka baru kali ini.

“Tahun ini dapat DAK sebesar Rp 28 Miliar jadi bisa terlaksana,” tegasnya.

Eko mengungkapkan, bahwa jalan ini rusak kalau soal protes tidak hanya dari media sosial saja. Hal ini karena memang ruas tersebut pada saat hujan pasti air meluap ke jalan.

“Nah, akibatnya sangat menggangu perjalanan masyarakat. Dan setiap hujan, banyak warga yang protes salah satunya melalui media sosial. Jadi harap bersabar, dan ini sudah mau dikerjakan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: