Akhirnya Rumah Produksi Jelaskan Alasan Kenapa Bikin Upin dan Ipin Botak Terus

BNews–NASIONAL– Akhirnya rumah produksi Les’ Copaque (LCP) blak-blakan mengenai asal usul Upin & Ipin. Salah satunya adalah alasan membuat Upin dan Ipin botak hampir di seluruh musim dan episode serial animasi tersebut.

Les’ Copaque mengatakan dua hal mendasari kepala anak kembar tersebut botak, yakni bujet dan waktu pengerjaan.

“Ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan,” cuit Les’ Copaque pada Senin (17/1).

“Nak buat rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan masa. Maka, Upin dan Ipin direka botak tetapi Upin ada sehelai rambut,” tulis mereka.

Namun, LCP pernah menampilkan Upin dan Ipin dengan rambut lebat. Hal itu terlihat jelang penayangan musim ke-14 beberapa waktu lalu.

Dalam utas yang sama, rumah produksi juga mengungkapkan membuat Upin, Ipin, dan Kak Ros sebagai anak yatim piatu. Dalam serial tersebut, Opah menjadi sosok orang tua bagi Upin dan Ipin.

Les’ Copaque mengatakan minimnya tenaga kerja membuat mereka tak membuat karakter baru dalam animasi tersebut. Sehingga, sosok ayah dan ibu tidak ditampilkan dalam animasi Upin dan Ipin.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, ianya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu,” cuit mereka.

Tak hanya itu, Les’ Copaque juga merespons spekulasi bahwa Upin dan Ipin terinspirasi dari kehidupan di dunia nyata.

Sebelumnya, netizen dihebohkan dengan video yang memperlihatkan makam Upin Ipin di media sosial. Video itu memperlihatkan makam berwarna biru bertuliskan Ipin yang meninggal pada 1996 dan Upin pada 1995.

Dalam video viral itu, Upin dan Ipin berasal dari Indonesia. Mereka disebut meninggal karena kecelakaan ketika hendak berlibur.

Namun, hal tersebut dibantah Les’ Copaque dengan mengatakan ide cerita dan karakter sepenuhnya dibuat oleh mereka, serta beberrapa orang yang menjadi karakter penting dalam serial tersebut.

“Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production,” cuit Les’ Copaque.

“[Itu] tidak diambil atau diinspirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada,” tulis Les’ Copaque dalam cuitan di akun resminya pada Senin (17/1).

Cerita Upin dan Ipin juga disebut hasil gagasan Hajah Ainon yang menjadi pengisi suara Opah. Setiap cerita Upin dan Ipin ditulis bukan hanya untuk mudah dipahami tetapi juga penuh pesan bermanfaat.

Selain Hajah Ainon, tayangan Upin dan Ipin juga tak lepas dari campur tangan Haji Burhanuddin selaku Pengarah Urusan Les’ Copaque Production, sekaligus pengisi suara karakter Tok Dalang.

“Beliau juga turut berkongsi pengalaman beliau dibesarkan di kampung di dalam siri Upin & Ipin,” ungkap rumah produksi.

Upin & Ipin merupakan serial animasi televisi asal Malaysia yang pertama kali tayang pada 2007 silam. Serial ini juga tayang di Indonesia pada salah satu kanal televisi swasta. (*/cnn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: