Remaja Asal Magelang Pegang Peran Penting di Traveloka

BNews—MAGELANG— Anak-anak muda mulai tampil memimpin perusahaan di era digital saat ini. Perusahaan besar seperti Traveloka pun saat ini digawangi oleh anak-anak muda.

Bahkan, di Perushaan Traveloka ada nama anak muda asal Magelang. Namanya Doni Achsan. Usianya baru 25 tahun tapi dia sudah menjadi bagian penting di perusahaan jasa traveling ini.

Sekarang Doni bekerja sebagai product manager di Traveloka. Perusahaan multinasional di bidang travelling itu mempercayakan kualitas produk yang dikeluarkannya kepada Doni.

Doni memang dikenal menonjol sejak SMA. Dia adalah putra pasangan guru SMA dan guru SMP serta alumni dari SMAN 1 Magelang jurusan IPA yang lulus pada tahun 2013.

Saat duduk di bangku SMA, Doni yang juga merupakan President of English Speaking Club dan Vice President redaksi berita di sekolahnya, berkesempatan untuk menjalani program pertukaran pelajar di Chilton High School, Wisconsin, Amerika Serikat. Karena jalan hidup inilah, Doni tidak lagi terjebak dalam fixed mindset yang mengatakan bahwa orang sukses itu hanyalah orang-orang yang “berseragam”.

 Tidak hanya itu, pengalaman hidup di luar negeri membuka mata dan perspektifnya terhadap dunia di luar sana. Tak disangka, karena pengalaman inilah tercipta mimpi untuk mendorong semua orang bisa menjelajahi dunia.

Namun, tentu saja mimpi Doni tersebut bukanlah jalan yang mudah untuk dijadikan kenyataan. Hambatan pertama yang dialami Doni sepulangnya ke Indonesia adalah dia sudah benar-benar lupa semua pelajaran SMA. Untuk lulus ujian seleksi masuk universitas yang dia inginkan, tentu saja Doni harus bisa mengejar semua materi SMA dalam waktu singkat.

Karena hambatan inilah, Doni mencoba belajar menggunakan platform daring yang sudah merangkum semua materi dengan efektif. Seorang Doni yang sempat tertinggal materi SMA sepulangnya dari Wisconsin pada akhirnya mampu mengejar ketertinggalannya demi lolos ujian SBMPTN. Tidak hanya berhasil mengejar materi belajar, dengan belajar mandiri Doni merasakan adanya pengaruh lain yaitu dia menyadari bahwa dia bisa menjelajahi luasnya ilmu pengetahuan.

Penantian pun tiba. Akhirnya, Doni lolos ujian SBMPTN dan berhasil masuk sebagai mahasiswa jurusan Teknik Industri di UGM. Selama berkuliah di Teknik Industri, Doni mempelajari banyak hal seperti engineering, bisnis, keuangan, supply chain hingga manajemen proyek. Setelah lulus kuliah, Doni juga masih berpegang teguh pada mimpinya ketika muda. Karena itulah, dia kini memilih bekerja di Traveloka. Doni percaya, ketika batasan geografis bisa dilampaui, manusia bisa lebih berkembang dan terbuka pikirannya. 

“Aku harap dengan karya kerjaku, akan semakin banyak orang terbuka pemikirannya dengan melihat dunia luar. Namun, melihat dunia luar juga harus dibarengi dengan sikap membuka diri untuk mempelajari berbagai hal baru,” kata dia. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: