Anggaran Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah Di Mungkid Capai Rp 450 Miliar

BNews—MUNGKID—Rencana pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Kabupaten Magelang akan dimulai pada tahun 2021 mendatang. Dengan anggaran sekitar Rp 450 Miliar dan menempati lahan sekitar lima hektar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda dan Litbangda) Kabupaten Magelang, Sugiyono. Ia mengatakan lahan untuk pembangunan adalah lahan dari Pemkab Magelang dengan luas 1,7 hektar dan dari Pemprov Jateng 3,4 hektar.

”Total anggarannya sekitar Rp 450 Miliar. Pembangunan fisiknya oleh Pemprov Jateng,” kata Sugiyono, diwawancarai di ruang kerjanya di Kantor Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Selasa (4/8/2020).

Lanjutnya, sesuai hasil pertemuan terakhir, rencana pembangunannya dimulai tahun 2021 dan diperkirakan memakan waktu sekitar tiga tahun. Proyek tersebut bersifat multiyears secara bertahap.

”Sudah dilaksanakan studi pengadaan tanah, studi kelayakan dan lomba desain. Penyusunan masterplan dan DED oleh Provinsi Jateng di tahun 2020 ini. Semua dokumen harapannya selesai tahun ini, sehingga mulai 2021, pembangunan fisik,” papar Sugiyono.

MAJT yang dibangun dengan megah tersebut akan mendukung KSPN Borobudur. Seiring dengan pembangunan anjungan cerdas Tol Semarang-Yogyakarta via Magelang.

”Sinergi antara visi Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati yang disampaikan beliau ketika penyampaian visi dan misi. Salah satu di dasacita yakni akhlak mulia, salah satu diantaranya membangun Islamic center,” ungkapnya.

”Di bahasa Pak Bupati itu Islamic Center,kemudian provinsi, masjid agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang. Sehingga nantinya fungsinya digunakan sebagai Islamic Center sesuai dengan visi Pak Bupati,” sambungnya.

Tambah dia, nantinya didalam kawasan MAJT juga akan dibangun gedung untuk pertemuan haji, rapat kecil, kajian terbatas. ”Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk pengajian akbar, bahkan mungkin bisa untuk acara pernikahan,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: