Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur dan Cuti Bersama, Dinkes Kabupaten Magelang Gelar Rapid Test Gratis

BNews—BOROBUDUR—Dengan penetapan libur dan cuti bersama akhir Oktober 2020, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang gelar Uji Rapid Test guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti menyampaikan, kegiatan dilaksanakan di gedung Tourist Information Center (TIC) Borobudur. Test ini secara gratis selama lima hari yakni mulai hari Rabu (28/10) sampai hari Minggu (1/11).

Kegiatan Uji Rapid ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. ”Hal ini untuk mengantisipasi pengunjung yang liburan di lokasi wisata,” terang Retno.

Lebih lanjut Retno menjelaskan untuk Jawa Tengah diadakan rapid test di tujuh titik. ”Jateng ada tujuh titik, untuk di Magelang berada di kawasan Borobudur,” imbuh dia.

Rapid test sendiri, kata Retno, menargetkan 10 persen pengunjung yang datang ke destinasi wisata Borobudur. “Kita estimasikan wilayah Borubudur ini sekitar 1500 sehingga targetnya 150 orang yang diuji rapid per hari selama lima hari,” jelas Retno.

Bagi para wisatawan yang hasilnya reaktif , harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan tes SWAB. ”Jika hasil rapid wisatawan reaktif akan dilanjut tes SWAB di mobil pcr yang sudah disediakan oleh Balai Laboratorium Provinsi Jawa tengah (Balabkes),” ujar Retno.

Retno menyampaikan, pihaknya menerjunkan tiga tim dinkes yakni dari tim laboratorium kesehatan masyarakat dan dari seluruh puskesmas. Kegiatan ini juga didukung oleh Satgas tingkat Kabupaten, Satgas Kecamatan Borobudur dan Balai Laboratorium Provinsi Jawa Tengah.

Loading...

Selain di Gedung TIC Borobudur, uji rapid test dalam cuti dan libur bersama akhir Oktober ini juga dilakukan di dua titik. Yakni di Terminal Muntilan dan Terminal Secang.

”Untuk rapid test posko di terminal, kami menargetkan sampling 20 orang per hari. Untuk yang di terminal akan dilaksanakan hingga hari Senin pagi (2/11),”pungkasnya. (magang/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: