Apel Bhabinkamtibmas, Kapolres Magelang Sampaikan Beberapa Arahan

BNews—MAGELANG— Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak kepolisian yang harus mampu mendeteksi dini setiap permasalahan yang ada di ditengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, saat mengambil apel Bhabinkamtibmas di halaman Mapolres Magelang, Selasa (26/10/2021).

Dalam sambutanya, Kapolres menyampaikan bahwa masalah sekecil apapun di masyarakat tidak akan menjadi besar jika Bhabinkamtimas bisa mendeteksi secara dini dan mampu mengurai permasalahan tersebut.

“Untuk anggota sebagai ujungnya ujung tombak harus mampu mendeteksi secara dini dan mengelola permasalahan sekecil apapun yang ada di tengah masyarakat,” katanya.

Dia menegaskan kepada anggota Bhabinkamtibmas, apabila ada kendala dalam pelaksanaan tugas agar segera melaporkan kepada Kapolsek guna mendapatkan solusi.

“Kalau dengan Kapolsek masih juga tidak selesai, langsung laporkan ke Kapolres, pasti akan saya ambil alih. Karena Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) itu berada di pundak kita bersama,” ujar Sajarod.

Dia juga meminta seluruh anggota Bhabinkamtimas dalam menjalankan tugasnya agar berpegang pada Undang-undang Kepolisian No. 2 Tahun 2002 pasal 13 yakni menjalankan tugas sesuai dengan  tupoksinya.

“Akhir-akhir ini Kepolisian sedang di sorot karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum anggota di masyarakat. Oleh karena itu saya minta kepada seluruh anggota terutama Bhabinkamtibmas agar tidak melakukan kesalahan dalam melaksanakan tugasnya,” tegasnya.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Apel Bhabinkamtibmas yang diikuti oleh Wakapolres dan seluruh Pejabat Utama Polres Magelang serta para Kapolsek, juga dilaksanakan pemerikasaan terhadap kelengkapan  anggota Bhabinkamtibmas oleh Kapolres.

Dalam pemeriksaan kelengkapan Bhabinkamtibmas, Kapolres melihat langsung isi tas ransel dan Handphone guna memastikan bahwa anggota Bhabinkamtibmas sudah lengkap dan memiliki aplikasi Sistem Informasi Tanggap, Kolaboratif, dan Responsif (SITANGKAS).

“Semua kelengkapan anggota Bhabinkamtibmas hampir semua sudah lengkap. Tnggal beberapa anggota yang masih ada kekurangan karena baru menjabat dan akan segera kita lengkapi,” ujar Sajarod.

Lebih lanjut, Sajarod menyatakan untuk anggota Bhabinkamtibmas juga diwajibkan memiliki aplikasi sitangkas. Karena dengan aplikasi tersebut anggota bisa melaporkan secara cepat semua kejadian yang ada di masyarakat.

“Dengan aplikasi ini diharapkan beberapa peristiwa, kejadian di tengah masyarakat, terutama Covid-19 bisa segera dilaporkan secara cepat,” pungkas Sajarod. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: