Apes! Sudah Suntik Vaksin, 19 Pegawai Pemkab di Jogja Malah Positif Covid-19

BNews—JOGJAKARTA— Sedikitnya 19 pegawai Dinas Pariwisata Kulon Progo terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 alias Covid-19. Dampaknya, kantor tersebut ditutup sementara waktu hingga waktu yang belum ditentukan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kulon Progo, drg Theodola Baning Rahajujati menjelaskan, pihaknya belum mengetahui pasti asal mula penularan Covid-19. Utamanya di Kantor Dinas Pariwisata Kulonprogo. Sebab beberapa hari terakhir, aktivitas kantor tersebut terbilang padat.

”Dimungkinkan, penularan berasal dari luar kantor,” jelas Baning, Rabu (16/6).

Baning mengatakan, penularan di Kantor Dinas Pariwisata Kulon Progo berawal dari temuan empat kasus positif. Kemudian setelah dilakukan tracing, ditemukan 23 kontak erat. Usai dilakukan tes, 15 di antaranya positif Covid-19.

Gugus tugas kemudian kembali melakukan tracing dan menemukan 19 kontak erat. Namun hingga kini, belasan orang yang kontak erat tersebut masih menunggu hasil tes.

”Seluruh kasus positif melaksanakan isolasi mandiri di rumah karena hanya bergejala ringan,” ikatanya.

Ia menyampaikan, seluruh pegawai yang terkonfirmasi positif sudah menjalani program vaksinasi. Mereka terpapar Covid-19 lantaran diduga tidak disiplin melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan kantor sehingga penularan virus terjadi dengan cepat.

Selain Dinas Pariwisata, penularan Covid-19 di lingkup perkantoran sebelumnya juga terjadi di salah satu SMP wilayah Wates dan bank swasta wilayah Temon. Ada sepuluh kasus positif yang tercatat di lingkup SMP wilayah Wates sementara pada bank swasta di Temon sebanyak 18 kasus. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: