Awan Panas Guguran Terjadi Di Merapi, Hujan Abu Terjadi Di Kabupaten Magelang

BNews–MAGELANG–Telah terjadi serangkaian awan panas guguran di Gunung Merapi, Senin (16/8/2021) pagi tadi. Sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang mengalami hujan abu.

Menurut update informasi BPPTKG, Awan panas guguran Merapi pagi tadi terjadi sebanyak dua kali. Pertama pada  pukul 5.36 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 49 mm dan durasi 165 detik. Jarak luncur 2.000 m ke arah barat daya.

Yang kedua pada pukul 5.53 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 66 mm, durasi 289 detik, dan tinggi kolom 600 m dari puncak. Jarak luncur 3.500 m ke arah barat daya.

Berdasarkan informasi dari masyarakat, telah terjadi hujan abu akibat awanpanas guguran Merapi.

Dari laporan yang tercatat oleh Pusdalops BPBD, hujan abu terjadi di beberapa wilayah KRB Merapi dan sekitarnya.

Wilayah yang terjadi hujan abu antara lain di  beberapa Desa di Kecamatan Dukun dengan intensitas sedang-tebal. Desa tersebut antara lain Krinjing , Paten,  Sengi, dan Banyudono.

Terjadi juga di  beberapa Desa di Kecamatan Sawangan dengan intensitas  sedang-tebal. Desa itu antara lain Desa Kapuhan, Mangunsari,  Soronalan dan Desa Ketep.

Lalu di bebarapa Desa di Kecamatan Tegalrejo dengan intensitas hujan abu  sedang. Desa itu yakni di Desa Tegalrejo, Desa Kebonagung dan  Desa Ngadirejo.

Hal tersebut merupakan ppdate Informasi sampai hingga pukul Pukul 07.00 WIB.

Beberapa legiatan dan upaya dilakukan oleh BPBD Kabupaten Magelang. Yakni Pemantauan wilayah terdampak melalui perangkat CCTV Merapi dan Radio komunikasi.  Koordinasi dengan BPPTKG, TRC Kecamatan, Pemdes setempat dan Masyarakat, dan Himbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: