Ayah Bunda, Ini Karakter Anak Berdasarkan Weton Jawa

BNews—MAGELANG— Memahami karakter anak adalah hal penting bagi orang tua. Dengan cara ini, orang tua mampu menyesuaikan aturan, sikap dan gaya parenting untuk mendukung perkembangan si kecil yang optimal.

Ada berbagai cara untuk mengetahui karakter anak. Meski menjalin bonding dan quality time adalah langkah utama, Ayah Bunda juga bisa gunakan instrumen lain lho, seperti weton.

Diketahui, pada dasarnya weton adalah perayaan hari lahir yang berkacak pada hitungan hari (dino) dan pekan (pasaran) Jawa. Setiap dino dan pasaran memiliki neptu/ naptu atau angkanya masing-masing sesuai hitungan tradisi.

Jadi, pertama yang Ayah Bunda harus lakukan adalah mengetahui neptu kelahiran sang buah hati. Berikut daftar neptu dino dan pasaran:

Sebagai contoh, Ayah Bunda perlu menambahkan neptu dino dan pasaran untuk mendapatkan makna weton. Misalnya, si anak lahir pada Selasa Legi, maka penghitungannya 3+5= 8.

Makin penasaran? Berikut karakter anak berdasarkan weton Jawa dirangkum Borobudur News, Sabtu (17/7):

Neptu 7 Pendito Kang Lelaku

Karakternya ’seneng nglenecer’, atau bisa diartikan ’gemar bepergian jauh’. Si kecil tidak tahan berdiam diri untuk waktu yang lama, sehingga sering bergerak dan berpindah-pindah.

Anak dapat tumbuh sebagai pribadi yang gemar bepergian, baik dengan tujuan rekreasi atau pekerjaan. Kekurangannya, ia agak pemalas dan sulit berkomunikasi dengan baik.

Neptu 8 Lakune Geni

Anak yang memiliki weton ini sering disebut ’cilik kaitane, gede pungkasane’. Artinya, ia termasuk sosok yang mudah mendendam dengan karakter seperti bara api. Emosinya meledak-ledak dan sangat bergairah.

Neptu 9 Lakune Angin

Leluhur Jawa menyebut sosok berweton ini sebagai ’gampang dielus pikirane’. Maksudnya, ia dapat mudah dipengaruhi oleh orang lain dan memiliki pendirian yang tidak kuat. Meski begitu, anak yang lahir dengan weton ini dikenal lincah dan kebal terhadap guna-guna.

Neptu 10 Pendito Mbangun Teki

Karakternya disebut sebagai ’galem nuturi wong tapi gak galem dituturi’. Soalnya, mereka cenderung gemar menasihati orang lain tapi tak suka diberi saran. Namun, ia akan tumbuh sebagai pribadi yang cerdas dan tak mudah tersinggung saat bersosialisasi.

Neptu 11 Lakune Setan

Si kecil disebut memiliki karakter ’ela elu, gak kena dadi pimpinan’. Menurut primbon Jawa, orang dengan weton ini tidak cocok dijadikan sebagai pimpinan. Soalnya, ia termasuk orang yang plin-plan sehingga sulit mengambil keputusan penting.

Neptu 12 Lakune Kembang

Si kecil kelahiran weton ini dipercaya berkarakter ’galem diturut tapi emoh dadi punjeran’. Sifat utamanya adalah cinta damai, sehingga mudah mengalah kepada orang lain. Si anak juga sangat penurut dan rajin dalam kesehariannya.

Neptu 13 Lakune Lintang

Karakter utamanya ’emoh dadi punjeran, melok melok ora iso digayuh’. Sebabnya, sang anak memiliki pesona yang luar biasa, sehingga orang senang bergaul dengannya. Ia adalah pribadi yang senang bertualang, sulit menetap, sehingga dianggap tak bisa dijadikan sebagai pemimpin.

Neptu 14 Lakune Mbulan

’Iso madangi wong akeh’, Si kecil dipercaya adalah sosok pendengar dan pemberi saran yang baik, sehingga bisa menjadi pencerah bagi banyak orang. Bisa dibilang, ia bisa membantu sesamanya saat dilanda masalah. Si anak juga cerdas dan mudah bergaul.

Neptu 15 Lakune Geni

Para leluhur percaya pribadi yang lahir dengan weton ini sebagai ’gede kaitane, cilik pungkasane, emoh diredam’. Artinya, emosinya mudah tersulut seperti api, memiliki hati yang teguh dan keras sehingga tak suka diperintah.

Neptu 16 Lakune Bumi

Sifat si kecil dipercaya mudah diatur, memiliki hati yang lembut, dan suka mengayomi. Karena itu, para leluhur menafsirkan weton ini sebagai karakter yang tepat untuk menjadi seorang pemimpin. Namun, ia dapat sangat menyeramkan saat sedang marah.

Neptu 17 Lakune Gunung

Moody, pendiam dan terlalu baik adalah beberapa kata yang menggambarkan anak yang berweton ini. Saking baiknya, ia dapat dikira mudah tertipu. Selain itu, karakter weton ini juga menunjukkan mudah berbagi uang dengan orang lain.

Neptu 18 Lakune Paripurna

Menurut primbon Jawa, orang dengan weton ini adalah sosok yang dominan dan egois. Ia menyukai kekuasaan dan tidak suka jika permintaannya ditolak. Emosinya juga mudah bergejolak, cepat agresif, namun juga cepat reda.

Tidak perlu khawatir jika weton tidak menggambarkan hal yang Ayah Bunda harapkan, karena kembali lagi. Pada hakikatnya baik tidaknya karakter sang buah hati tergantung pada cara kalian membesarkannya. (han/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: