Bansos PKH Capai Rp10,8 Juta Pertahun, Ini Penjelasannya

BNews—NASIONAL— Sejumlah program bantuan sosial (Bansos) digelontorkan pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah BLT yang disalurkan melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

Diketahui bersama, total BLT PKH 2021 yang dapat diterima satu keluarga mencapai Rp10,8 juta pertahun.

”Paling besar penerima bantuannya setahun Rp10,8 juta (perkeluarga),” kata Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK ), Rachmat Koesnadi, (13/1/2021).

Untuk syaratnya, lanjutnya didalam satu keluarga, BLT PKH 2021 diberikan untuk ibu hamil maksimal untuk dua kali kehamilan, anak usia dini 0 sampai enam tahun maksimal dua anak; anak usia 6-21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun, lansia di atas 70 tahun maksimal satu orang. Dan penyandang disabilitas berat maksimal satu orang.

Tapi, dalam satu keluarga, BLT PKH hanya diberikan maksimal untuk empát orang saja dengan bantuan maksimal tak lebih dari Rp 10,8 juta.

”Kalau misalnya tadi ibu hamil Rp3 juta, balita Rp3 juta, dalam satu keluarga yang sama, kemudian ada lanjut usia; atau ada penyandang disabilitas juga; itu paling maksimal dia akan dapatkan Rp 10,8 juta (perkeluarga),” jelasnya.

Tentu saja, yang berhak mendapatkan BLT PKH 2021 di atas adalah keluarga dengan kategori tertentu. Yakni Desil 1= Sangat Miskin, Desil 2= Miskin dan Desil 3= Hampir Miskin.

Mereka akan diverifikasi dan validasi untuk mengetahui dalam satu keluarga ada berapa anggota keluarga; yang masuk kategori berhak menerima BLT PKH 2021.

”Nah dari situ terlihat setelah divalidasi ’Oh di dalamnya ada ibu hamil, oh ada balita, oh ada anak SD-SMP-SMA’, atau sekarang di tahun 2018 bertambah menjadi ada lanjut usia di atas 70 tahun, dan penyandang disabilitas berat,” tambahnya. (bsn/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: