Baterai Aki Alat Pemantauan Gunung Marapi Hilang Digondol Maling

BNews–NASIONAL— Baterai Aki salah satu stasiun pemantauan Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar), hilang dicuri. Kondisi ini mengkhawatirkan, karena stasiun tidak bisa lagi mengirim data ke pos pengamatan.

Kepala Pos Pemantauan Gunung Api (PGA) Marapi, Teguh Purnomo mengatakan, ada dua aki bermerek SMT12100 yang digondol maling. Dua baterai aki itu terletak di stasiun pemantauan di Jorong Talang Dasun Nagari Pasia Laweh Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.

Pihak PGA sudah melaporkan peristiwa itu kepada aparat kepolisian.

“Sudah kita laporkan kepada pihak terkait. Mudah-mudahan segera ditindaklanjuti,” jelas Teguh kepada wartawan, Kamis (6/4/2023).

Ia menyebut peristiwa itu diketahui setelah pihak PGA curiga, karena stasiun Talang Dasun tidak lagi mengirim data perkembangan Gunung Marapi seperti biasanya.

“Tidak ada laporan masuk. Lalu ada masyarakat yang melaporkan kepada kita melihat rantai pengunci box pintu stasiun GGSL sudah terbuka. Kita cek ke sana, ternyata memang kondisinya seperti itu. Rantai pada stasiun sudah lepas dan 2 buah aki sudah hilang,” katanya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Akibat kehilangan tersebut, stasiun GGSL belum bisa dioperasikan kembali. Padahal, stasiun tersebut sangat penting sebagai referensi pada sistem pengamatan Gunung Api Marapi. (*/detik)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!