Begini Resep Sayur Rebung Kuah Santan, Ada Satu Kunci Saat Memasak Yang Harus Diketahui

BNews—NASIONAL—Rebung atau tunas bambu muda sering ditemukan dalam masakan Indonesia salah satunya menjadi sayur rebung. Yakni dalam bentuk lodeh atau gulai pedas bersantan yang pastinya menggugah selera makan.

Menurut penelitian, rebung mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat, protein dan kandungan lemak rendah. Sementara untuk kunci dari membuat masakan rebung yakni proses perendaman dan perebusan.

Rendam rebung didalam air selama 1-2 jam kemudian buang airnya. Ganti dengan air baru dan rebus selama 10 menit, setelah itu tiriskan dan rebung siap diolah.

Berikut salah satu resep mengolah rebung menjadi sajian nikmat yakni sayur rebung kuah santan.

Bahan Utama

Siapkan 350 gram rebung muda yang sudah direndam dan rebus sebelumnya. Kemudian 3 centimeter lengkuas yang sudah dimemarkan.

Dua lembar daun jeruk dan satu lembar daun salam, kemudian kaldu ayam bubuk dan minyak secukupnya. Selanjutnya siapkan gula beserta garam secukupnya dan 200 miliiter santan kelapa.

Loading...

Bumbu Halus

Siapkan lima suing bawang merah dan tiga suing bawang putih. Selanjutnya 10 cabai rawit dan tiga cabai merah besar, empat sentimeter kunyit, dan tiga butir kemiri.

Cara Membuat

Tumis bumbu, yang telah dihaluskan, menggunakan minyak secukupnya hingga aromanya harum. Kemudian tambahkan garam, gula dan lengkuas. Masukkan sedikit air ke dalam bumbu yang telah ditumis dan biarkan mendidih.

Selanjutnya, masukkan rebung yang telah disiapkan dan masak sekitar 10 menit bersama bumbu hingga bumbu meresap. Tambahkan daun jeruk, daun salam dan kaldu ayam bubuk secukupnya.

Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan biarkan hingga kembali mendidih. Terakhir, masukkan santan kelapa ke dalam masakan dan aduk rata. Masak hingga mendidih dan rebung matang. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: