Bencana Angin Kencang Landa 6 Kecamatan Di Magelang, 47 Rumah Rusak

BNews–MAGELANG– Bencana angin kencang melanda di enam Kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang Selasa sore kemarin (2/3/2021). Akibatnya 47 rumah warga rusak, dan ratusan pohon tumbang.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto membenarkan terkait terjadinya bencana tersebut. “Benar, Selasa sore terjadi hujan deras disertai angin kencang terjadi di 6 Kecamatan. Dimana meliputi 25 Desa dengan 42 Dusun,” katanya.

Untuk wilayah terdampak 6 Kecamatn tersebut yakni  Muntilan, Salam, Ngluwar, Srumbung, Dukun  dan Sawangan.

 “Terdapat 47 rumah rusak, dengan rincian 46 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang. Serta banyak pepohonan tumbang menimba jaringan listrik,” imbuhnya.

Untuk kronologi kejadian, lanjutnya bermula terjadinya hujan lebat sejak pukul 14.00 wib. “Hujan lebat tersebut disertai angin kencang hinggal sekitar pukul 15.00 wib. Sehingga pohon tumbang dan atap rumah berterbangan” paparnya.

Edy menyampaikan untuk sejumlah pohon yang tumbang menutup jalan dan menimpa jaringan listrik sudah terkondisi oleh relawan, TNI Polri, Petugas PLN dan warga. “Namun sebagian besar akan dilakukan kerja bakti pada Rabu pagi ini,” tandasnya.

Sementara salah satu warga Ketunggeng Kecamatan Dukun, Rajab Santosa menambahkan bahwa terdapat tembok pembatas sekolah yang roboh juga. Hal tersebut dikarenakan tertimpa pohon cukup besar.

“Jadi tembok keliling sekolah pembatas itu ambrol ke jalan kampung karena tertimpa pohon yang tumbang. Tadi sebagian sudah dibersihkan warga sekitar,” ujarnya.

Sementara warga Dukun lainnya, Nugroho menyampaikan beberapa atap rumah berupa asbes di Desa Banyubiru juga beterbangan terkena angin kencang.

“Saat itu hujan deras disertai es kecil-kecil, lalu angin kencang melanda daerah sini,” ungkapnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: