Bencana Angin Kencang Terus Terjadi di Magelang, Hari ini (9/12) Lima Lokasi

BNews—MUNGKID—Angin kencang kembali melanda beberapa wilayah di Kabupaten Magelang (9/12). Pohon-pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa rumah warga.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto mengatakan bahwa kami menerima laporan di lima lokasi yang terdampak angin kencang sore tadi. “Kejadian sekitar pukul 15.30 wib, dan kami dapat laporan yang terdampak di daer Kecamatan Mertoyudan, Kajoran, dan 3 titik di Kecamatan Dukun,” katanya.

Untuk kronologi dijelaskanya, bahwa sore tadi terjadi hujan dengan intensitas ringan-sedang disertai angin kencang sejak pukul 15.00 WIB di sebagian wilayah Kabupaten Magelang. “Akibat angina kencang tersebut mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik lokasi. Dimana menyebabkan menutup akses jalan serta menimpa rumah warga dan jaringan listrik,” paparnya.

Untuk laporan yang masuk di BPBD Kabupaten Magelang yakni di Dusun Japunan Desa Danurejo Kecamatan Mertoyudan dimana pohon beringin dengan tinggi 15m miring dan akar terangkat. “Hal tersebut mengancam pedagang pasar dan akses jalan, sedang dilakukan koordinasi dengan DPU PR & PLN  penanganan menunggu crane,” ungkapnya.

Sementara di Dusun Kembang Desa Ngadipuro Kecamatan Dukun terdapat pohon tumbang menimpa rumah. “Rumah tersebut milik Sawali, 75 yang dihuni 1KK atau 3 Jiwa dan mengalami rusak ringan. Untuk penanganan selesai sebelum mahrib tadi,” ujar Edi.

Selanjutnya di Dusun Karanggondang Desa Ngadipuro Kecamatan Dukun terdapat pohon tumbang menimpa jaringan listrik. Untuk di Dusun Joho Desa Dukun Kecamatan Dukun terdapat pohon tumbang menutup akses jalan Desa Dukun- Wates.

“Untuk dua lokasi tersebut sudah teratasi oleh relawan BPBD Kabupaten Magelang dan relawan setempat beserta warga,” tegasnya.

Loading...

Untuk di lereng Sumbing terdampak di Dusun Ngaben Desa Sidowangi Kecamatan Kajoran terdapat pohon bambu tumbang. “Akibat rumpun bambu ini tumbang, akses jalan Salaman – Kajoran sempat tertutup. Namun sudah langsung sigap kami tangani bersama relawan local,” terangnya.

“Saya menghimbau untuk warga selalu antisipasi jika terjadi angin kencang. Selalu peka terhadap situasi lingkungan sekitar,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: