Bendera Merah Putih Terpanjang Hiasi Kampung di Mungkid

BNews–MUNGKID– Bendera merah putih dengan ukuran super panjang menghiasi sebuah kampung di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Tepatnya dengan panjang 500 meter terpasang dengan semangat kemerdekaan.

Lokasi pemasangan tersebut di Dusun Japun Desa Paremono Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.

“Kita kerjakan pemasangan bendera tersebut selama dua minggu,” ungkap salah satu tokoh pemuda, Anis As’ad Kurniawan,24 saat diwawancarai Borobudurnews.com (16/7/2020).

Dia juga menceriatakan bahwa ide pemasangan bendera merah putih tersebut dari salah satu warga setempat Ahmad Sobari.

“Pak Ahmad ini terinspirasi dari beber (Red:Bendera Hias) saat pementasan kesenian kobro siswo di dusunnya. Sehingga mengajak masyarakat dan pemuda untuk membuat bendera merah putih tersebut,” paparnya.

Dengan penuh semangat kemerdekaan, lanjutnya tiga penjahit dusunnya yakni Ahmad Sobari, Deni Susanto dan dirinya lembur siang malam mengerjakannya.

“Kita jahit bertiga dibantu dengan pemuda lainnya. Setelah jadi dipasang secara bertahap,” lanjutnya.

Loading...
Bendera Merah Putih Terpanjang hiasai kampung di Mungkid Magelang

Sementara untuk pemasangan dan konsepnya, Anoz sapaan akrabnya dikoordinir oleh Sigit Cahyono. “ Pemasangan dilakukan oleh warga secara gotong royong disepanjang jalan dusun. Tekhniknya hanya menggunakan bambu dan tali tambang agar kuat,” jelasnya.

Anoz mengungkapkan, pemasangan bendera merah putih tersebut untuk menyambut HUT Republik Indonesia ke-75.  “Terpenting lagi untuk mempererat kerukunan antar warga disini. Agar bertambah kompak serta rasa persatuan terjaga,” ujarnya.

Untuk pengadaan bendera tersebut, Kata Dia berasal dari Kas Pemuda dan swadaya masyarakat. “Anggaran yang kita keluarkan total mencapai sekitar Rp 1,8 juta. Kita ambilkan dari beberapa sumber pendanaan,” ucapnya.

“Kami berharap dengan sedikit perayaan kemerdekaan dari warga ditengah pandemi covid ini tetap mampu meningkatkan rasa nasionalisme semuanya,” tutupnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: