Apa Seh Sebenarnya Fungsi Weton Jawa ??

BNews– MAGELANG– Hitungan Weton Jawa sering digunakan untuk menentukan jodoh dan hari pernikahan.

 Di kalender Jawa, dalam satu pekan terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa atau Pancawarna.

Pancawarna tersebut merupakan siklus hari pasaran, yakni Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Perhitungan Weton Jawa bagi orang yang akan menikah berfungsi untuk meramalkan kecocokan pasangan.

Ramalan tersebut akan memprediksikan keberlangsungan pernikahan serta kecocokan antara calon pengantin.

Adapun cara menghitung Weton Jawa adalah dengan mencocokan tabel berikut ini.

Tabel di atas adalah panduan untuk mengetahui neptu orang yang akan menikah sesuai kalender Jawa

  • Setelah diketahui neptu dari calon mempelai pria dan mempelai wanita, jumlahkanlah neptu mereka.Tujuannya, untuk menentukan tanggal ahir kedua calon mempelai. Contohnya, pria lahir Rabu Legi, maka 7 + 5 = 12.
  • Kemudian, wanita lahir Jumat Kliwon, maka weton jodohnya 6 + 8 = 14.
  • Lalu, weton keduanya menjadi 12 + 14 + 16

Setelah mendapatkan weton, hal yang perlu dilakukan adalah membaca penjelasannya, yakni sebagai berikut.

Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Sesuai primbon Jawa, hubungan dalam dalam kategori Pegat memiliki potensi perselisihan dalam rumah tangga yang bisa berakhir dengan perceraian.

Ratu (2, 11, 20, 29)

Bersyukurlah kalau weton jodohmu berada di antara 2, 11, 20, atau 29, kamu dan pasangan adalah jodoh sejati yang bisa memadu kasih indah dan abadi layaknya Habibie dan Ainun.

Jodoh (3, 12, 21, 30)

Weton yang bakal bikin kamu berbunga-bunga, menurut ramalan di masa depan kamu akan menjalani bahtera rumah tangga yang senantiasa rukun.

Topo (4, 13, 22, 31)

Pada awal hubungan untuk kategori pasangan Topo perlu ekstra hati-hati karena ada masalah besar yang akan menerpa, tapi dengan hati yang teguh dan komitmen bersama, badai bisa berlalu seiring waktu berjalan.

Tinari (5, 14, 23, 32)

Bukan cuman angka hoki feng shui saja yang bisa mendatangkan rezeki berlimpah untuk keluarga, weton jodoh Tinari juga diberikan kemudahan untuk mencari rezeki.  

Padu (6, 15, 24, 33)

Mirip dengan ramalan weton kategori Pegat, kamu dan tambatan hati mesti mempersiapkan hati yang lapang dan bersabar menghadapi berbagai masalah sepele yang ada di masa depan. Beruntungnya setiap masalah tersebut tidak berpotensi untuk membawamu ke meja persidangan cerai.

Sujanan (7, 16, 25, 34)

Perhitungan weton jodoh Sujanan yang diramalkan primbon Jawa kurang lebih sama dengan kisah di drama seri The World of Marriage, bakal ada satu pihak yang berselingkuh.

Pesthi (8, 17, 26, 35)

Tafsir jodoh yang jatuh di antara tanggal Pesthi akan memiliki kehidupan rukun dengan beberapa kerikil kecil yang menghalang.

Namun, selama orang tua merestui dan kedua mempelai saling mengasihi pernikahan akan selalu tentram. Karena pernikahan adalah soal komitmen, kasih, dan komunikasi. (**)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: