Berbagai Panel Hosting untuk Keperluan Website

BNews—TEKNO— Bagi para programer, panel panel hosting tentu sudah sangat akrab. Namun, bagi para pemula hal ini masih kurang familiar.


Panel panel hosting ini sebagai salah satu perangkat pendukung website. Terutama untuk meningkatkan performa.


Berikut beberapa jenis panel hosting yang biasa digunakan oleh para programer. Setiap jenis panel memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing.

Panel Hosting Zpanel
Panel Hosting Zpanel merupakan panel hosting yang disediakan secara gratis dan sangat mudah digunakan pada kontrol panel webhosting kelas enterprise seperti Linux, UNIX, MacOS, dan Microsoft Windows. Zpanel ditulis dalam bahasa PHP murni dan berjalan dengan baik pada Apache, PHP dan MySQL. Muncul dengan serangkaian fitur inti penting untuk menjalankan layanan hosting web Anda. Fitur inti tersebut meliputi Apache Web Server, hMailServer, FileZilla Server, MySQL, PHP, Webalizer, RoundCube, phpMyAdmin, phpSysInfo, FTP Jailing dan masih banyak lagi.

Panel Hosting Webmin
Panel Hosting Webmin merupakan panel webhosting yang powerfull dan sangat fungsional. Software yang dirancang untuk platform Unix dan Linux dengan cara yang sederhana. Webmin cukup mampu untuk mengelola berbagai komponen lingkungan berbasis web dari pengaturan webserver untuk maintaining FTP dan Email Server.

Fitur yang disediakan pada Webmin, adalah sebagai berikut:
Mengkonfigurasi dan membuat server virtual pada Apache. Mengelola, menginstal atau menghapus paket perangkat lunak (RPM format).Untuk keamanan, Anda dapat menyetting fitur firewall.Mengubah pengaturan DNS, alamat IP, konfigurasi routing.Mengelola database, tabel dan field MySQL.

Panel Hosting EHCP
Panel Hosting EHCP (Easy Hosting Control Panel) merupakan panel hosting gratis untuk menjaga server hosting berbasis web. Dengan penggunaan EHCP Anda dapat mengelola database MySQL, account email, account domain, account FTP dan banyak lagi.

Loading...

Ini adalah satu-satunya control panel yang telah built-in support untuk Nginx dan PHP-FPM yang tidak menggunakan Apache dan memberikan kinerja yang baik untuk server low end.

Panel Hosting DTC
Panel Hosting DTC (Domain Technologie Control) merupakan panel hosting terutama untuk admin dan akuntansi layanan hosting GPL. Dengan bantuan interface web berbasis GUI, DTC dapat mendelegasikan tugas seperti membuat email, account FTP, subdomain, database dan banyak lagi. Ia mengatur database MySQL yang berisi semua informasi hosting.

Panel Hosting Interworx
Panel Hosting Interworx merupakan panel hosting atau sistem manajemen server Linux dan kontrol panel webhosting. Interworx memiliki seperangkat tool yang memberikan kewenangan administrator untuk memerintah servernya sendiri dan end user dapat melihat atau meninjau hasil pengelolaan website mereka.

Kontrol panel ini pada dasarnya dibagi menjadi dua mode operasi, yaitu:
Nodeworx, yaitu modus administrator yang membantu mengelolaan server.SiteWorx, yaitu website owner view yang membantu end users untuk mengelola account mereka hosting dan fitur-fitur didalamnya.

Panel Hosting Ajenti
Panel Hosting Ajenti merupakan panel hosting berbasis open source yang kaya fitur, kuat dan ringan. Kontrol panel yang menyediakan antarmuka web responsif untuk mengelola server kecil set-up dan juga paling cocok untuk Dedicated dan VPS hosting. Muncul dengan banyak built-in plugin untuk mengkonfigurasi dan mengelola perangkat lunak server dan layanan seperti Apache, Nginx, MySQL, FTP, Firewall, File System, Cron, Munin, Samba, Squid dan banyak program lainnya seperti File Manager, Kode Editor untuk developer serta akses Terminal. (wan/har)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: