Beredar Surat Rapid Test Masal di Pondok Pesantren Sawangan, Ini Kata Pemkab

BNews–MUNGKID– Beredar sebuah surat berkop Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang per tanggal 17 Juli 2020. Di dalam surat tersebut tertulis akan dilakukan Rapid Test Massal (RDT) di salah satu Ponpes di Sawangan Magelang besok tanggal 20 Juli 2020.

Surat bertanda tangan Kepala Dinas Kesehatan Retno Indriastuti dan cap basah ditunjukan kepada Kepala Puskesmas se Kabupaten Magelang. Hal itu karena menindak lanjuti temuan kasus positif di ponpes tersebut.

Foto surat tersebut diketahui menyebar di kalangan masyarakat sawangan. Belum diketahui sumber awalnya foto surat tersebut berasal.

Borobudurnews.com mencoba mengklarifikasi kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid Kabupaten Magelang sore ini (18/7/2020). Melalui Koordinator Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Magelang, Endra Wacana mengatakan tidak ada rapid test massal.

“Saya sudah konfrimasi ke Dinas Kesehatan, Bahwa Kepala Dinas menyampaikan tanggal 20 Juli 2020 tidak ada rapid test massal di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Sawangan,” katanya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

“Ada pembicaraan setelah surat tersebut, untuk kondusifitas wilayah tanggal tersebut tidak ada rapid test,” imbuhnya.

“Tida ada rapid test mas,” tegasnya lagi.

UPDATE COVID KABUPATEN MAGELANG

Sementara update perkembangan kasus covid-19 di Kabupaten Magelang hari ini (19/7/2020) tidak ada penambahan pasien positif. Dilaporkan Pemkab Magelang terdapat satu tambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan empat PDP sembuh.

“Untuk PDP sembuh ini berasal dari Mertoyudan, Kajoran, Mungkid dan Tegalrejo. Sedangkan PDP sembuh berasal dari Secang,” ungkap Jubir GTPP Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahya Pribadi.

Sementara, pasien positif masih 9 orang setelah terdapat tambahan tiga orang kemarin 18 Juli 2020. “Kemarin tambahan tiga orang dari Candimulyo, Mertoyudan dan Sawangan,” imbuhnya.

Sementara untuk ODP terdapat tiga ODP lolos pantau. Sehingga jumlah ODP masih 24 orang.

Dilaporkan juga untuk angka kesembuhan PDP hingga saat ini menjadi total 272 orang. Sedang kesembuhan pasien positif covid-19 masih 141 orang.

Sementara untuk jumlah kasus meninggal dunia menjadi 44 Kasus. “Dengan keterangan meninggal dunia dalam status PDP sebanyak 40 orang dan meninggal dunia dengan status positif berjumlah 4 orang,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: