Bikin Pusing Warga, Kawanan Monyet Liar Tangkapi Ayam dan Rusak Atap Rumah

BNews—JATENG— Serangan kawanan monyet membuat pusing warga. Bagaimana tidak, monyet-monyet liar ini tidak hanya merusak atap rumah penduduk, namun juga menangkapi ternak ayam.

Kawanan monyet yang turun gunung ini terjadi di Desa Sidanegara, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. ”Ayam-ayam itu dicabuti bulunya dan dibiarkan mati,” jelas anggota Perhimpunan Pecinta Alam (PPA) Gasda Pala, Gunanto Eko Saputro, Selasa malam (27/4).

Atas peristiwa tersebut, pihaknya telah menghubungi penyuluh kehutanan di Kecamatan Kaligondang, Hijrah Utama. Serta Petugas Pengendali Ekosistem Hutan Purbalingga Fajar dan anggota PPA Gasda Pala dan melakukan pengecekan di lapangan.

”Monyet-monyet itu berpindah tempat sejak sebulan terakhir,” terangnya.

Warga khawatir, monyet ini juga berpotensi menyerang warga. Utamanya anak-anak.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Diperkirakan monyetnya sudah dewasa dengan taring sudah panjang dengan perilakunya juga agresif,” ujar Hijrah.

Sejumlah warga berinisiatif menangkap dengan menembak. Tapi pihak desa khawatir akan bermasalah dengan hukum

”Kami akan berkonsultasi dulu dengan pihak terkait,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan Hijrah, monyet tersebut spesies monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis). Binatang tersebut tidak termasuk satwa dilindungi (less concern).

Anggota PPA Gasda Pala, Taufik Katamso menyebutkan, salah satu habitat monyet di dekat Desa Sidanegara berada di sekitar Makam Wangi (situs keramat) yang masih berupa hutan seluas sekitar satu hektare. Tapi berdasarkan keterangan juru kunci kawanan monyet juga sudah lama tidak terlihat di kompleks makam tersebut.

Hanya ada satu dua ekor itupun semakin jarang terlihat. Rencananya monyet tersebut akan ditangkap lalu dilepasliarkan atau diserahkan ke pihak berwenang,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: