BNN Musnahkan 19,3 Kg Ganja dari Operasi di Secang Magelang

BNews—MAGELANG— BNN Provinsi Jawa Tengah dan BNN Kabupaten Magelang memusnahkan barang bukti narkotika jenis ganja seberat 19,3 kilogram dan Sabu 100 gram. Acara dilaksanakan di Kantor BNN Kabupaten Magelang pada Kamis (21/10/2021).

Sebelum dimusnahkan, BB narkotika terlebih dahulu dites keasliannya oleh petugas Labfor Polda Jateng dengan disaksikan oleh seluruh stakeholder terkait dan para pelaku.

Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Purwo Cahyono mengatakan bahwa ganja tersebut disita dari seorang pria berinisial ATC. Di sekitar terminal Secang, jalan Magelang-Secang KM 9, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Selasa (14/9/2021) lalu.

”Pada hari tersebut sekira pukul 05.30 wib, Tim Gabungan yang terdiri dari BNNP Jawa Tengah, BNN Kabupaten Magelang dan KPPBC TMP A Semarang mengamankan dan menggeledah ATC di sekitar terminal Secang,” katanya, saat konferensi pers, Kamis (21/10/2021).

Dia menjelaskan, dari penggeledahan tersebut ditemukan barang bukti berupa 12 paket yang dibungkus lakban berwarna cokelat. Kemudian 3 paket dibungkus plastik warna hitam dilakban bening dan 1 kantong plastik warna hitam yang berisi daun kering.

Yang mana diduga merupakan narkotika golongan I jenis ganja yang dibawa pelaku menggunakan tas ransel besar berwarna biru. Dengan total seberat 19394,45 gram atau 19,3 kilogram.

”Dari hasil pemeriksaan terhadap ATC, diketahui yang bersangkutan diperintah oleh seseorang yang disebut Gimbal. Yang mana merupakan seorang narapidana yang sedang menjalani hukuman seumur hidup kasus narkoba di LP Kelas IIA Banyuasin, Sumatera Selatan,” jelas Purwo.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Lanjutnya, ATC diperintahkan untuk mengambil narkotika Golongan I jenis ganja di Takengon, Aceh Tengah dengan imbalan sebesar Rp800 ribu. Mengetahui hal itu, pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Kepala LP Kelas II A Banyuasin untuk mengamankan napi Gimbal.

”Berikut dengan HP yang digunakan berkomunikasi untuk mengendalikan peredaran narkoba. Gimbal kemudian dipindahkan LP Kelas IIA Magelang untuk dilakukan penyidikan oleh BNNK Magelang,” imbuh dia.

Dari data BNN Provinsi Jawa Jawa Tengah, Gimbal juga pernah tersangkut kasus narkoba yang ditangani oleh BNN Provoinsi Jawa Tengah pada tanggal 9 Oktober 2017. Dengan barang bukti narkotika jenis ganja sebanyak 10 kilogram yang disamarkan dalam kemasan bubuk kopi.

Tambah Purwo, narkoba jenis jenis sabu sebanyak 100 gram disita oleh Penyidik BNN Provinsi Jawa Tengah dari 4 pelaku. Yakni AS, ACS yang merupakan Napi LP Kelas IA Kedungpane Semarang. Ceming yakni Tahanan di LP Kelas IA Kedungpane Semarang dan Pincuk yakni Napi LP Kelas IIB Tegal. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: