BNPB Minta Pemkab Magelang Siapkan Dokumen Penanganan Darurat Merapi

BNews–NASIONAL– Menyiasati aktivitas gunung merapi yang saat menjadi level Siaga, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkomentar. Mereka meminta Pemerintah Kabupaten Magelang untuk melakukan persiapan dokumen rencana operasi guna menjadi panduan penanganan darurat Merapi.

Kepala Bidang Dukung Kaji Cepat Dan Perencanaan Operasi BNPB, Wing Prasetyo Adi, usai mengikuti rapat evaluasi bersama Sekda Kabupaten Magelang di Command Center, mengatakan tujuan dibuat dokumen tersebut supaya seluruh SKPD terkait memiliki persepsi arahan yang sama.

Semua data yang telah disampaikan SKPD dalam rapat koordinasi penanganan darurat Merapi, dijadikan dokumen operasional. Namun perlu diakui bahwa, kesiapan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam penanganan darurat Merapi sudah baik.

Kejadian erupsi tahun 2006 dan 2010 menjadi bahan belajar, sehingga Pemkab Magelang bisa mengambil langkah penanganan. Erupsi Gunung Agung dan Sinabung juga menjadi bahan pembelajaran.

“Hal yang baik dalam penanganan bisa coba diterapkan, bagaimana persiapannya baik terkait pengungsian maupun yang lainnya,” kata Wing. Dkutip indexs news (16/11/2020)

Hal yang perlu diperhatikan, ancaman tidak hanya datang dari erupsi Merapi, namun juga dari pandemi covid-19, serta intensitas hujan yang tinggi.

“Karena itu, dalam dokumen rencana operasi sebaiknya dimasukkan antisipasi penyebaran Covid-19 di tempat pengungsian agar tidak muncul klaster baru. Yang juga perlu diwaspadai adalah curah hujan yang tinggi,” ujarnya.

Loading...

Selain itu, Wing menegaskan, agar petugas di tempat pengungsian benar-benar memperhatikan orang luar daerah yang datang ke lokasi. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: