Boking Antrian Uji KIR Kendaraan Di Dishub Kabupaten Magelang Bisa Lewat WhatsApp

BNews–MAGELANG– Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magelang memberikan inovasi atau langkah mempermudah pelayanan Uji Kendaraaan Bermotor (KIR). Yakni pelayanan KIR secara online yang sudah dimulai pada 1 Maret 2021 kemarin.

“Dengan pelayanan online ini masyarakat tidak perlu lagi datang sampai dua kali, melainkan cukup datang sekali dan langsung dilakukan uji pada kendaraan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang melalui, Kasi Sarana Prasarana, Suhud Joko Prayitno.

Dia juga menjelaskan, sebelum adanya fasilitas KIR secara online ini, masyarakat harus melakukan booking terlebih dahulu di Kantor Dishub. Kemudian langkah selanjutnya masyarakat harus kembali lagi untuk melakukan uji Kir, sehingga hal ini dirasa tidak efektif dan efisien.

“Dengan adanya sistem Kir secara online ini, masyarakat cukup mendaftar booking dari rumah via WhatsApp. Kemudian akan ada jadwal kapan dia datang kesini untuk uji Kir,” imbuhnya.

Menurutnya, hal tersebut semata-mata untuk memudahkan masyarakat agar tidak perlu datang dua kali saat melakukan uji kendaraan bermotor.

“Tentunya ini juga untuk meminimalisir terjadinya antrean panjang yang menimbulkan kerumunan masyarakat di tengah masa Pandemi Covid-19,” tegasnya.

Suhud juga mengungkapkan, bahwa melalui layanan Kir online ini masyarakat juga bisa mendapatkan informasi terkait berapa biaya habis ujinya.

“Jadi sebelum ke sini juga sudah tau habisnya itu sekian,” terangnya.

Sementara untuk langkah melakukan Kir melalui online tersebut masyarakat bisa mengakses via aplikasi WhatsApp di nomor 088802907970.

Tentunya  dengan format :
  1. kir daftar#nomer_uji (untuk daftar antre uji Kir)
  2. 2. kir cek#nomer_uji (untuk cek data uji kendaraan).

“Layanan tersebut berlangsung selama 24 jam,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sejak diberlakukannya layanan Kir secara online per hari ini (1/3/2021) Dishub Kabupaten Magelang telah melayani sebanyak 60 pelanggan.

“Setelah masyarakat daftar Kir secara online, maka akan mendapat balasan pemberitahuan via WhatsApp, jam berapa dia bisa melakukan uji Kir. Ke depan kita juga akan mengembangkan layanan ini untuk mengingatkan kepada pelanggan 3 bulan sebelum masa Kir selanjutnya,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: