Breaking News : Status Aktivitas Merapi Dinaikkan Jadi Siaga

BNews–JOGJA– Peningkatan aktivitas gunung merapi terus meningkat hingga saat ini. Oleh karena itu Balai Penyeleidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencenaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikan status Gunung Merapi dari status waspada ke Siaga.

Keputusan tersebut mulai hari Kamis, 5 November 2020, per pukul 12.00 wib siang ini. Hal itu berdasarkan surat yang dikeluarkan BPPTKG nomor 523/45/BGV.KG/2020.

Surat tersebut ditunjukan kepada Kepala BNPB, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Sleman, Bupati Klaten, Bupati Magelang dan Boyolali.

Dalam surat tersebut disebutkan latar belakang kembalinya merapi mengalami erupsi magmatis sejak 11 Agustus 2018  yang berlangsung sampai bulan September 2019. Seiring dengan berhentinya ektrusi magma gunung merapi kembai memasuki fase intrusi magma baru yang ditandai dengan peningkatan gempa vulkanik dalam (VA) dan rangkaian letusan eksplosif sampai dengan 21 Juni 2020. Aktivitas vulkasi terus meningkat hingga saat ini.

Dan dalam surat tersebut disimpulkan, berdasarkan evalusasi data pemantauan, bahwa aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke erupsi yang membahayakan penduduk. “Sehubungan dengan hal tersebut maka status aktivitas gunung merapi ditingkatkan dari waspada (level II) menjadi Siaga (level III). Berlaku tanggal 5 November 2020 pukul 12.00 wib,” tulisnya.

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: