Buah Merah, Tanaman Herbal Papua Dipercaya Sembuhkan Kanker- HIV/AIDS

BNews—BOROBUDUR—Buah Merah adalah buah yang banyak tumbuh di wilayah Provinsi Papua. Bagi masyarakat Wamena, buah yang sekilas mirip jagung namun berwarna merah itu disebut Kuansu.

Buah Merah bisa dibilang sangat langka dan unik. Langka karena diklaim hanya bisa tumbuh di Tanah Papua alias tidak bisa ditemukan dibumi manapun. Sementara pengolahan buah tersebut banyak diekspor ke negara kawasan Asia, Eropa hingga Afrika.

Keunikan buah tersebut karena mampu menjaga stamina hingga mengobati berbagai penyakit. Mulai menurunkan kolesterol, diabetes militus, menghambat sel kanker, jantung coroner, hipertensi sampai dipercaya mengobati HIV/AIDS.

Tanaman tersebut masuk keluarga pandan-pandanan. Tinggi pohon ini bisa mencapai 16 meter. Panjang buahnya mencapai 55 sentimeter dengan diameter sepuluh hingga 15 sentimeter. Satu buah merah bisa memiliki berat dua hingga tiga kilogram.

Di Papua, buah merah biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong lalu direbus atau dipanggang. Biji dan daging buah merah juga bisa ditumbuk, dicampur air dan disaring untuk menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan.

Saking tingginya khasiat Buah Merah, banyak masyarakat mancanegara mengincar buah asal Papua ini. Lantas digunakan untuk obat-obatan dan juga penelitian. (han)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: