Bupati Magelang : Pencairan Dana Desa Dipercepat Untuk Penanganan Covid-19

BNews—MUNGKID— Pemerintah Kabupaten Magelang menyatakan dana desa di wilayahnya akan segera cair. Bupati Magelang menyebut dalam minggu ini.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Magelang, di sela-sela talkshow radio pemerintah, tadi malam (1/4/2020). “Dana desa bisa kita percepat transfer ke desa,” kata Bupati.

Menurutnya, pencairan dana desa memang sedikit molor setelah keluar peraturan baru yang mengharuskan transfer lewat bank umum. “Pemerintah pusat meminta pencairan harus ke salah satu bank umum. Kita (Pemkab Magelang) pilih Bank Jateng, Bank Jateng nanti yang akan transfer ke kita,” kata dia.

“Semoga minggu ini bisa dicairkan,” lanjut Bupati Magelang.

Menurutnya, dia berharap Pemerintah Desa segera menyusun kegiatan untuk penanganan Covid-19 di wilayahnya. “(Dana desa) memang harus diambil tiga termin. Minimal di awal ini bisa ikut membantu percepatan penanganan covid,” tambah dia.

Sebelumnya Ketua Komisi I DRPD Kabupaten Magelang Prihadi mengharapkan proses dana desa segera dipercepat. Menurutnya, sesuai Surat Edaran Kemendes PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa peran desa sangat penting.

Dengan sudah adanya SE Kemendes itu, desa bisa segera melakukan langkah langkah antisipatif dan penanganan Wabah Covid-19. Diantarnya dengan melakukan penyempotan disinfektan menyeluruh, memberikan sosialsiasi kepada warga. (her/wan)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: