Candi Borobudur Dipadati Umat Buddha, Rayakan Magha Puja 2567

BNews–MAGELANG-– Umat Buddha melakukan perayaan Magha Puja 2567 Tahun Buddhis/2023 di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sebelum dilakukan puja bhakti, para biksu sangha maupun tokoh umat Buddha melakukan sembahyang di puncak Candi Borobudur. Mereka naik Candi Borobudur memakai sandal upanat.

Saat para biksu sangha melakukan sembahyang di puncak Candi Borobudur, para umat tetap mengikuti di pelataran.

“Kegiatan sore ini adalah perayaan Hari Raya Magha Puja. Memang dalam agama Buddha itu ada empat Hari Raya Besar Waisak; Kathina, Magha Puja, dan Asadha. Lha ini, Magha Puja tiba bulan menjelang Tri Suci Waisak diperingati Magha Puja,” kata Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, Ditjen Bimas Buddha, Kemenag, Nyoman Suriadarma pada rils yang diterima Borobudurnews.com (4/3/2023).

“Magha Puja ini peristiwa waktu dulu kehidupan Buddha adalah berkumpulnya 1.250 seorang biksu yang semuanya mencapai kesucian tertinggi tanpa diundang. Itu oleh agama Buddha seluruh dunia dilaksanakan setiap tahun. Hari ini, kebetulan di Candi Borobudur yang pertama dilaksanakan Magha Puja oleh Sangha Agung Indonesia beserta umat Buddha dari dari berbagai daerah,” kata Nyoman.

Hujan lebat yang turun, kata Nyoman, hal ini merupakan berkah bagi semuanya. Baginya, perayaan pada tahun depan belum tentu mendapatkan hujan.

“Menurut saya ini berkah, blessing karena kemungkinan kalau tahun depan Magha Puja, tempat ini belum tentu dapat hujan. Jadi kami juga bangga dengan teman-teman umat Buddha semua, para biksu, biksu sangha walaupun hujan lebat pun tetap duduk dengan tenang sampai hujan berakhir dan juga dilakukan pradaksina,” sambung Nyoman.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara itu, Ketua Pelaksana Magha Puja, Sri Diana Widowati menambahkan, Magha Puja ini baru pertama kali diadakan di Candi Borobudur.

“Kita baru bisa menyelenggarakan ini karena selama ini fokus yang Waisak biasa dilakukan di Candi Borobudur. (Tahun berikutnya) Semoga demikian yang kami harapkan agar umat Buddha bisa mewujudkan bahwa Candi Borobudur sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha,” katanya.

Salah satu umat Buddha, Jimmy mengatakan, ikut acara ini karena mendapatkan informasi pertama kalinya Magha Puja di Candi Borobudur. Perayaan Magha Puja ini merupakan momentum yang luar biasa.

“Pertama kalinya Magha Puja ini adalah salah satu hari dimana umat Buddha untuk merayakannya. Ini sangat luar biasa, momen yang luar biasa, termasuk cuacanya yang luar biasa. Kalau kami bilang itu biasanya kami di-blessing sama bante, itu disana ada blessing dan ini blessing langsung dari langit. Ini sungguh luar biasa,” pungkasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!